PENDUGAAN UMUR SIMPAN MINUMAN HERBAL SARI BELIMBING DEWI (Averrhoa carambola L.) DENGAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale var.Rubrum) MENGGUNAKAN METODE ASLT MODEL ARRHENIUS

Pratiwi, Deka and Sumartini, DS and Zainal Arief, H. Dede (2022) PENDUGAAN UMUR SIMPAN MINUMAN HERBAL SARI BELIMBING DEWI (Averrhoa carambola L.) DENGAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale var.Rubrum) MENGGUNAKAN METODE ASLT MODEL ARRHENIUS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Deka Pratiwi_163020117_Teknologi Pangan.pdf

Download (653kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan umur simpan produk minuman herbal sari belimbing dewi dengan ekstrak jahe merah pada suhu 15°C, 25°C dan 35°C dengan menggunakan metode ASLT (Accelerated Shelf Life Testing) model Arrhenius. Pada pendugaan umur simpan suatu produk perlu dilakukan pengujian parameter yang mempengaruhi mutu produk sebelum disimpan selama waktu tertentu. Parameter yang diamati pada produk minuman herbal sari belimbing dewi dengan ekstrak jahe merah sebelum dilakukan penyimpanan meliputi kadar vitamin C, viskositas dan total mikroba. Parameter-parameter tersebut dianalisis dengan interval waktu 2 hari sekali, yaitu pada hari ke-0, hari ke-2, hari ke-4, hari ke-6 dan hari ke-8 dengan suhu penyimpanan yang berbeda yakni 15°C, 25°C dan 35°C. Data analisis selanjutnya diolah menggunakan metode ASLT (Accelerated Shelf Life Testing) model Arrhenius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk minuman herbal sari belimbing dewi dengan ekstrak jahe merah memiliki umur simpan selama 38 hari pada suhu 15°C, 35 hari pada suhu 25°C, 32 hari pada suhu 35°C pada parameter Total Plate Count (TPC). Kata kunci: minuman herbal, sari belimbing dewi, ekstrak jahe merah, umur simpan, ASLT, arrhenius.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:37
Last Modified: 04 Nov 2022 04:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60720

Actions (login required)

View Item View Item