Irma, 185030027 (2022) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN MODEL TREFFINGER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis khususnya menulis teks persuasi. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang merasa tidak memiliki bakat dan tidak mampu menuangkan kreativitas terhadap tulisan, serta kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik yaitu model pembelajaran treffinger. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran treffinger, kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung dalam menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran treffinger, serta efektivitas model pembelajaran treffinger dalam pembelajaran menulis teks prsuasi pada peserta didik SMP Pasundan 4 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode ekperimen dengan bentuk desain true experimental pretest-posttest control grup design. Adapun hasil penelitiannya yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran treffinger dengan nilai 3,53; 2) peserta didik mampu menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran treffinger dengan rata-rata nilai hasil pretest kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu 9,44 < 27,41 sedangkan untuk rata-rata nilai hasil posttest kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 45,56 > 31,48; 3) pembelajaran treffinger efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP dengan nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 pada uji mann whitney. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran treffinger pada siswa kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung berhasil menunjukan peningkatan hasil pembelajaran peserta didik. Kata Kunci: Menulis, Teks Persuasi, dan Model Pembelajaran Treffinger.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 03:29 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 03:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60712 |
Actions (login required)
View Item |