PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (UP2K) DI DESA JAYAGIRI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Deden Febrianto, 182020053 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (UP2K) DI DESA JAYAGIRI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi (Deden Febrianto 182020053).pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka (Deden Febrianto 182020053).pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar (Deden Febrianto 182020053).pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi (Deden Febrianto 182020053).pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi (Deden Febrianto 182020053).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi (Deden Febrianto 182020053).pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 (Deden Febrianto 182020053).pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 (Deden Febrianto 182020053).pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat”. Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu upaya untuk mengembangkan kemampuan masyarakat dengan cara memberi motivasi, membangkitkan kesadaran terhadap potensi yang dimilikinya serta berupaya untuk mengembangkan dan menjadikan suatu tujuan dengan tindakan nyata hingga dapat sejahtera, salah satunya yaitu pemberdayaan masyarakat melalui program upaya peningkatan pendapatan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Desa Jayagiri terhadap penerima manfaat program UP2K, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemberdayaan masyarakat terhadap penerima manfaat program UP2K. Serta untuk mendeskripsikan implikasi pekerja sosial dalam pemberdayaan masyarakat terhadap penerima manfaat program UP2K. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus dengan teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik 1) Studi Dokumen dan 2) Studi Lapangan, teknik pengumpulan data mengenai kenyataan dilapangan dengan teknik a) wawancara mendalam dan b) wawancara non-partisipan. Jumlah informan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua bagian, 2 orang pihak Desa dan 3 orang penerima manfaat program UP2K. Hasil penelitian menunjukan kondisi pemberdayaan masyarakat yang sudah dilakukan oleh pihak Desa Jayagiri kepada masyarakat penerima program UP2K sudah melakukan beberapa bentuk pemberdayaan seperti memberikan bantuan modal serta mengikutsertakan hasil produk usaha penerima manfaat program UP2K ke beberapa perlombaan dan festival ditingkat kecamatan maupun kabupaten. Dampak dengan adanya program UP2K di Desa Jayagiri menjadikan usaha-usaha kecil masyarakat khususnya penerima manfaat program menjadi lebih berkembang akibat terbantunya dalam segi permodalan. Dalam upaya peningkatan kualitas produk hasil penerima manfaat UP2K dengan adanya pelatihan kewirausahaan ditingkat kecamatan, untuk Desa Jayagiri tersendiri belum melakukan pelatihan kewirausahaan secara langsung. Pihak Desa Jayagiri telah melakukan upaya dalam mengatasi hambatan dengan melakukan pergantian kepengurusan program UP2K yang diharapkan dapat melahirkan inovasi-inovasi baru. Walaupun dalam pelaksanaanya belum berjalan maksimal sehingga penerima manfaat program UP2K belum banyak mendapatkan pemberdayaan namun bantuan pinjaman modal sudah didapatkan. Desa Jayagiri terus berupaya melakukan pemberdayaan semaksimal mungkin. Kata kunci: Pemberdayaan masyarakat, faktor-faktor yang mempengaruhi, implikasi pekerja sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:11
Last Modified: 04 Nov 2022 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60709

Actions (login required)

View Item View Item