Pengaruh Destinasi Wisata dan Kearifan Lokal Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran (Studi Pada Program Kawasan Wisata Rekreasi Pantai Pangandaran)

Emma Mulyani Rachman, NPM. 189020031 (2022) Pengaruh Destinasi Wisata dan Kearifan Lokal Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran (Studi Pada Program Kawasan Wisata Rekreasi Pantai Pangandaran). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Emma Mulyani Rachman_DIS.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Pengembangan pariwisata di Provinsi Jawa Barat direncanakan dan dikembangkan secara ramah lingkungan dengan tidak menghabiskan atau merusak sumber daya alam dan sosial, tetapi dipertahankan untuk pemanfaatan yang berkelanjutan, salahsatunya di di Kawasan Wisata Rekreasi Wisata Pantai Pangandaran. Maksud penyelenggaraan kepariwisataan adalah dalam rangka menggerakkan seluruh potensi pariwisata yang ada di daerah agar dapat berkembang secara optimal dan fungsional, selaras dengan nilai-nilai agama dan budaya masyarakat. Berdasarkan hasil penelian tentang Pengaruh Destinasi Wisata dan Kearifan Lokal terhadap Kepuasan Masyarakat pada tempat wisata di wilayah kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, sebagaimana telah dibahas sebelumnya tentang Deskripsi Hasil Penelitian dan Pembahasan, maka secara komprehensif dapat disimpulkan sebagai berikut. Secara parsial variabel Destinasi Wisata telah memberi pengaruh positif terhadap kepuasan masayarakat pada tempat wisata di wilayah kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, walaupun dilihat dari komponen-komponennya menunjukkan nilai yang cukup bervariasi. Secara parsial variabel Kearifan Lokal telah memberi pengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat pada tempat wisata di wilayah kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, walaupun dilihat dari ciri-cirinya menunjukkan nilai yang cukup bervariasi. Secara simultan variabel Destinasi Wisata dan Kearifan Lokal berpengaruh secara positif terhadap Kepuasan Masyarakat pada tempat wisata di wilayah kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran. Hal ini mengandung makna bahwa Destinasi Wisata dan Kearifan Lokal dapat meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada tempat wisata di wilayah kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Kata Kunci : Destinasi wisata, Kearifan lokal, Kepuasan masyarakat

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:58
Last Modified: 04 Nov 2022 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60694

Actions (login required)

View Item View Item