EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN PENTINGNYA PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT KELAS SOSIAL MENENGAH BAWAH (Studi Kasus di Kampung Cikawati Desa Pakuhaji Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat)

Solehudin, Cecep Ramdani, 185010027 (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN PENTINGNYA PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT KELAS SOSIAL MENENGAH BAWAH (Studi Kasus di Kampung Cikawati Desa Pakuhaji Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pemerintah Indonesia mengeluarkan Program Keluarga Harapan (PKH). Program Keluarga Harapan bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia dengan memberikan bantuan dana tunai bersyarat bagi keluarga kelas menengah kebawah dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan tertentu. Salah satu Desa yang menerima program ini adalah Desa Pakuhaji Kampung Cikawat.. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas PKH dalam meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan terhadap masyarakat kelas sosial menengah ke bawah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Dalam penelitian ini subjek yang diambil yaitu Masyarakat kelas sosial menengah ke bawah sebanyak 7 Orang di wilayah RW 02 Kampung cikawati. Hasil penelitian menunjukan : (1) Pelaksanaan PKH, mengalami beberapa konteks permasalahan dimana pengelolaan saluran dana kurang dikelola dengan baik, kurang optimalnya dikarenakan biaya yang dibagikan tidak sesuai dengan pendidikan yang layak bagi watga Kampung Cikawati, adapun manfaat tersendiri karena setidaknya memperoleh harapan karena sang anak dapat duduk dibangku pendidikan. (2) Kendala yang selama ini dialami dalam mengelola sistem PKH dikarenakan pengeloa Kampung Cikawati tidak update dalam pendataan kepada keluarga yang mengalami kondisi ekonomi kurang mampu atau dapat dikatakan juga tidak selalu tepat sasaran. Namun disisi lain masyarakat merasakan manfaat positif dengan diadakannya PKH yang difokuskan untuk biaya pendidikan. (3) Dalam mengatasi kendala yang selama ini terjadi pada PKH di Kampung Cikawati dengan menerapkan edukasi atau musyawarah kepada masyarakat yang dilakukan oleh Kepala Desa. Adapun agen PKH yang mengawasi dan mengamati setiap aktivitas masyarakat serta melakukan cheking pemanfaatan program PKH bagi pendidikan sehingga mengetahui digunakan dengan optimal atau tidak. Kata Kunci : Program Keluarga Harapan, Kemiskinan, Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:46
Last Modified: 03 Nov 2022 08:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60687

Actions (login required)

View Item View Item