ANALISIS GEJALA BAHASA PADA TEKS BIOGRAFI KARYA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR

Wahyuni, Elva Tri, 185030031 (2022) ANALISIS GEJALA BAHASA PADA TEKS BIOGRAFI KARYA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk gejala bahasa, faktor timbulnya gejala bahasa yang terdapat dalam Teks Biografi peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung, dan implementasinya terhadap bahan ajar, serta mengetahui faktor timbulnya gejala bahasa, dan implementasinya terhadap bahan ajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mengenai gejala bahasa yang meliputi kontamninasi, hiperkorek, dan pleonasme.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi. Penelitian ini menggunakan analisis gejala bahasa dengan teori Badudu (1991). Data yang telah diperoleh kemudian dikumpulkan, dikoreksi, diklasifikasikan, dideskripsikan, dan dievaluasi untuk ditarik kesimpulannya. Berdasarkan data sampel teks biografi karya peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung, didapatkan hasil penelitian bahwa gejala bahasa terdapat dalam teks yang telah dibuat. Gejala bahasa yang timbul meliputi aspek kontaminasi sejumlah 1 data kesalahan seperti kata diperizinkan, aspek pleonasme sejumlah 30 data kesalahan seperti kaum wanita-wanita, dan aspek hiperkorek sejumlah 51 data kesalahan seperi wapat seharusnya wafat. Hasil penelitian tersebut diimplementasikan menjadi bahan ajar sebagai upaya mengatasi timbulnya gejala bahasa. Kata kunci: gejala bahasa, kontaminasi, pleonasme, hiperkorek

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:27
Last Modified: 03 Nov 2022 08:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60683

Actions (login required)

View Item View Item