PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Survei pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang)

Mulyani, Enci Nani, 185060064 (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Survei pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi dan peningkatan prestasi belajar peserta didik pada masa pandemi covid19 di SD Negeri Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A dan IV B SD Negeri Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Populasi penelitian ini yaitu sejumlah 140, dengan 70 responden peserta didik dan 70 responden orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan aplikasi SPSS 25.0 dengan uji normalitas, uji linieritas, dan uji regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian dan analisis data dari uji normalitas data yaitu 0,200 > 0,05 sehingga data pengujian angket tersebut dikatakan normal. Hasil dari uji linieritas yaitu menghasilkan signifikansi 0,725 > 0,05 yang dimana dapat dikatakan bahwa data angket tersebut memiliki hubungan yang linier. Hasil dari uji regresi linier sederhana nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,284. Dan dari data tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,80 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 80%. Dengan kata lain terdapat saling berhubungan antara pengaruh perhatian orang tua terhadap peningatan prestasi belajar peserta didik. Terdapat asil persamaan dariY= 33,886 + 0,253 X tersebut bahwa nilai constant yaitu sebesar 33,886 dengan arti bahwa nilai variabel tersebut sebesar 33,886 dan berdasarkan koefisien regresi X dengan nilai sebesar 0,253 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai pengaruh perhatian orang tua. nilai signifikansi yang dihasilkan yaitu 0,017 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dan pada Thitung > Ttabel yaitu dengan nilai 2.439 > 1.994. Maka dari hasil uji signifikansi tersebut dapat disimpulkan hipotesis penelitian yaitu sebagai berikut: Ha penelitian diterima maka terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi dan peningkatan prestasi belajar peserta didik di SDN Cisempur kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang pada masa pandemi covid-19. ix Kata kuci: Perhatian orang tua, motivasi, peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:54
Last Modified: 03 Nov 2022 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60673

Actions (login required)

View Item View Item