ANALISIS KRITIK OBJEKTIF BERORIENTASI PADA PLOT DAN TOKOH DALAM NOVEL KAMI ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SMA KELAS XII

ALBARUDDIN, AJI, 185030110 (2022) ANALISIS KRITIK OBJEKTIF BERORIENTASI PADA PLOT DAN TOKOH DALAM NOVEL KAMI ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SMA KELAS XII. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis plot dan pemplotan serta tokoh dan penokohan dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata, serta memanfaatkan hasil analisis tersebut menjadi salah satu alternatif bahan ajar bagi peserta didik SMA kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana data hasil analisis akan di deskripsikan secara naratif. Sumber data dalam analisis ini yaitu novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata serta beberapa buku ataupun bahan bacaan lainnya yang dapat menunjang penelitian. Adapun temuan dari hasil analisis novel ini menunjukan bahwa, jenis plot yang digunakan adalah plot lurus, karena tiap peristiwa-peristiwa yang diceritakan bersifat kronologis, peristiwa-peristiwa tersebut diikuti peristiwa berikutnya. Atau runtutan cerita dimulai dari awal, tengah, dan akhir cerita, yang bersifat kausalitas. Plot dan pemplotan pada novel Orang-orang Biasa terdiri dari 13 rangkaian peristiwa, sedangkan dalam struktur plot dan pemplotannya terdapat 25 data yang terdiri dari 13 tahap eksposisi, 9 tahap pertengahan (awal munculnya konflik, komplikasi, dan klimaks), serta 3 tahap penyelesaian. Plot dan pemplotan tersebut berdampak pada 17 tokoh cerita yang diantaranya 10 tokoh utama yang terdiri dari Dinah, Debut, Handai, Salud, Sobri, Honorun, Rusip, Tohirin, Nihe, dan Junilah. dan 8 tokoh pembantu diantaranya Inspektur Abdul Rojali, Sersan P. Arbi, Aini, Ibu Desi Mal, Trio Bastardin, Duo Boron, Pak Akhirudin, dan Ibu Atikah.. Hasil analisis tersebut selanjutnya disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang tercantum dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2013, serta dibuatkan sebuah produk berupa bahan ajar untuk menjadi penunjang pembelajaran peserta didik SMA kelas XII Kata Kunci: analisis, kritik objektif, plot dan pemplotan, novel, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:47
Last Modified: 03 Nov 2022 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60672

Actions (login required)

View Item View Item