IMPLEMENTASI BANTUAN SOSIAL MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SINARGALIH KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA

Fikri Nurfajar Budiansah, 182020071 (2022) IMPLEMENTASI BANTUAN SOSIAL MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SINARGALIH KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Bantuan Sosial Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) Di Desa Sinargalih Kecamatan Lemahsugih Kabupatem Majalengka” . Kemiskinan merupakan suatu permasalahan kemanusiaan yang telah mendunia dan sampai saat ini masih menjadi isu sentral di berbagai belahan bumi manapun. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan perlindungan sosial untuk mengatasi masalah kemiskinan, salah satunya yaitu bantuan sosial program keluarga harapan (PKH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pelaksanaan bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) bagi penerima manfaat di Desa Sinargalih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka, Mendeskripsikan peran pendamping PKH dalam pelaksanaan bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) bagi penerima manfaat di Desa Sinargalih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka, Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) bagi penerima manfaat di Desa Sinargalih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka dan Mendeskripsikan cara mengatasi hambatan pelaksanaan bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) bagi penerima manfaat di Desa Sinargalih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dan dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Studi dokumen dan Studi lapangan, yang dimana peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan PKH di desa Sinargalih telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh kementerian sosial. Pendamping PKH telah melaksanakan tugasnya mulai dari pertemuan awal hingga kepesertaan untuk graduasi. Partisipasi KPM PKH untuk mendorong keberhasilan PKH dilakukan dengan taat akan hak dan kewajiban serta memanfaatkan dana bantuan sesuai kebutuhan. Pendamping PKH telah melaksanakan perannya dengan baik yaitu peran fasilitasi, mediasi, motivasi, edukasi dan advokasi. Akan tetapi alam pelaksanaan PKH ini ditemukan beberapa hambatan seperti hambatan adanya kecemburuan sosial, kurangnya sarana prasarana, potensi sumber daya alam (SDA) rendah dan waktu/jadwal. Pendamping PKH dan pemerintah desa telah melakukan upaya dalam mengatasi hambatan dengan melakukan kordinasi, pertemuan rutin, sosialisasi, edukasi, advokasi, dan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PKH di desa sinargalih telah berjalan dengan baik, adanya kerjasama antara pendamping PKH, pemerintah desa serta stakeholder lainnya dapat mempercepat keberhasilan pelaksanaan PKH. Kata kunci: Implementasi, Bantuan Sosial, Program Keluarga Harapan (PKH)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:32
Last Modified: 03 Nov 2022 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60654

Actions (login required)

View Item View Item