PENGARUH KEBIJAKAN KEIMIGRASIAN PEMERINTAHAN JEPANG MELALUI PROGRAM KERJA SSW (SPECIFIED SKILLED WORKER) TERHADAP PENEMPATAN PMI (PEKERJA MIGRAN INDONESIA) SELAMA BEKERJA DI JEPANG

Retno Isti Hutami, 182030017 (2022) PENGARUH KEBIJAKAN KEIMIGRASIAN PEMERINTAHAN JEPANG MELALUI PROGRAM KERJA SSW (SPECIFIED SKILLED WORKER) TERHADAP PENEMPATAN PMI (PEKERJA MIGRAN INDONESIA) SELAMA BEKERJA DI JEPANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Jepang merupakan seuah negara yang dijuluki sebagai macan asia, hal ini dikarenakan oleh kekuatan ekonomi negara Jepang dan keahliannya dalam bidang teknologi tidak diragukan lagi. Namun sayangnya dibalik kesuksesan negaranya ini Jepang masih memiliki sebuah permasalahan yang sulit untuk diatasi, yaitu adanya kemunduran jumlah populasi masyarakat usia produktif dan meningkatnya masyarakat dengan rentang usia diatas 65 tahun. Maka untuk mengatasi permasalah tersebut pemerintah Jepang berupaya dengan membuat kebijakan keimigrasian baru untuk membuka lapangan pekerjaan besar-besaran bagi para pekerja asing dan didukung juga dengan pembentukan program kerja baru yaitu SSW (Specified Skilled Worker) yang dimana program ini memberikan visa izin tinggal yang jauh lebih lama dan kuat dibandingkan visa izin tinggal sebelumnya. Selain itu adanya pembaharuan program ini juga untuk mencegah maraknya PMI illegal yang berhasil masuk ke Jepang karena kebijakan ketenaga kerjaan yang dimiliki sebelumnya cukup lemah. Dari penelitian ini penulis memiliki tiga tujuan yaitu untuk menjelaskan bagaimana kebijakann baru tersebut diajalankan di kedua negara, mengetahui dampak dari adanyaa kebijakan tersebut terhadap para PMI (Pekerja Mirgan Indonesia) selama bekerja di Jepang, dan melihat implementasi langsung dari adanya kebijakan tersebut. Sedangkan metode yang diadaptasi oleh penulis dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dapat diuraikan, dibuktikan, dikembangkan, dan ditemukan pengetahuan, teori, untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam kehidupan manusia. Dan hasil dari penelitian ini dapat dinyatakan melalui meningkatnya jumlah PMI yang memilih untuk bekerja di Jepang setelah program SSW ini diberlakukan di Indonesia. Dan juga menurunnya angka pekerja migran illegal di Jepang juga merupakan hasil dari adanya program ini, karena meskipun lapangan pekerjaan di Jepang sulit ditembus nyatanya dengan memperketat peraturan dan kesepakatan antar negara hal tersebut dapat dicegah dengan baik. Kata kunci : Jepang, Kebijakan Keimigrasian Baru, SSW, Pekerja Migran Ilegal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:57
Last Modified: 03 Nov 2022 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60626

Actions (login required)

View Item View Item