PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG ALMOND DENGAN TEPUNG IKAN NILA (O. niloticus) DAN SUHU PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK MACARON

Suwanda, Meliawati (2022) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG ALMOND DENGAN TEPUNG IKAN NILA (O. niloticus) DAN SUHU PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK MACARON. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
MeliawatiSuwanda_163020060_TeknologiPangan.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung almond dengan tepung ikan nila (O. niloticus) dan suhu pemanggangan terhadap karakteristik macaron. Ikan nila yang digunakan sebagai bahan baku dalam penelitian ini, dimarinasi menggunakan air perasan jeruk lemon dengan konsentrasi 15%. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor perbandingan tepung almond dengan tepung ikan nila (A) terdiri dari 3 taraf yaitu (90:10), (70:30), dan (50:50) dan faktor suhu pemanggangan (B) terdiri dari 3 taraf yaitu (125°C), (135°C), dan (145°C). Respon meliputi respon kimia kadar air, kadar protein, dan kadar lemak, respon fisik meliputi daya kembang, organoleptik atribut warna, aroma, rasa, dan tekstur. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan tepung almond dengan tepung ikan nila (A) dan Suhu Pemanggangan (B) berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar protein, kadar lemak, daya kembang, warna, aroma, rasa dan tekstur. Interaksi antara perbandingan tepung almond dengan tepung ikan nila dan suhu pemanggangan (AB) berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar lemak dan daya kembang. Kata kunci : macaron, tepung almond, tepung ikan nila, suhu pemanggangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:47
Last Modified: 03 Nov 2022 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60619

Actions (login required)

View Item View Item