PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus MAN 4 Karawang)

Alani, Rida Nafis, 185010049 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus MAN 4 Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik di era globalisasi. (2) mengetahui pembentukan karakter tanggung jawab oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada peserta didik di era globalisasi. (3) mengetahui penerapan karakter tanggung jawab pada masa era globalisasi di sekolah MAN 4 Karawang dan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab peserta didik. Perkembangan arus globalisasi semakin meningkat sehingga mengakibatkan peserta didik kurang memiliki karakter tanggung jawab dalam menjalankan hak dan kewajibannya. Dalam hal ini guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mampu membentuk karakter dan memberikan cara yang tepat di dalam pembentukannya di tengah arus globalisasi terhadap diri peserta didik. Sehingga peneliti dapat menjadikan latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kualitatif metode studi kasus dan menggunakan mixed methods dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket berupa kuesioner. Subjek penelitian ini merupakan Kepala Sekolah, Guru PPKn, dan Peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPS 2. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru PPKn membentuk karakter tanggung jawab di era globalisasi dengan cara memberikan sebuah nilai-nilai karakter salah satunya karakter tanggung jawab dengan selalu memberikan sebuah keterkaitan materi PPKn dengan contoh kehidupan sehari-hari di masyarakat dengan pendekatan komunikasi yang baik antara guru dan peserta didik selain itu sekolah memberikan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membantu pada proses pembentukannya sehingga dapat meningkatkan civic dispoction dan terwujudnya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kata Kunci: Guru PPKn, Tanggung jawab, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:06
Last Modified: 03 Nov 2022 02:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60612

Actions (login required)

View Item View Item