OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI BERAS RASKIN DENGAN MULTI DEPOT VEHICLE ROUTING PROBLEM (Studi Kasus: Perum BULOG sub divre Bandung)

ARDIANSYAH, RENALDI MUHAMMAD (2022) OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI BERAS RASKIN DENGAN MULTI DEPOT VEHICLE ROUTING PROBLEM (Studi Kasus: Perum BULOG sub divre Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Renaldi Muhammad A_183010118_Teknik Industri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perum BULOG merupakan perusahaan umum milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang logistik pangan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.7 tahun 2003 tentang Pendirian Perusahaan Umum (Perum) BULOG, pemerintah menetapkan Perum BULOG sebagai penyelenggara usaha logistik pangan pokok yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan kebutuhan hidup orang banyak. Dalam aktivitas pendistribusian di perum BULOG sub divre Bandung ini banyak melibatkan konsumen yang tersebar pada 106 kecamatan dan di perum BULOG sub divre Bandung ini hanya tersedia 4 gudang dan 52 kendaraan angkut untuk melayani titik layanan tersebut. Akibatnya muncul permasalahan yaitu jarak dari gudang menuju titik distribusi yang harus ditempuh oleh kendaraan angkut menjadi lebih jauh dan membutuhkan waktu pengiriman yang lama. Dalam model Vehicle Routing Problem (VRP) kondisi seperti ini dapat di kategorikan kedalam salah satu persoalan Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP). Dalam menyelesaikan persoalan ini dilakukan dengan dua tahap pengalokasian gudang dengan menggunakan metode Nearest Neighbour dan tahap kedua yaitu penentuan rute yang akan diselesaikan dengan menggunakan software VRP Solver. Berdasarkan hasil dari pengolahan yang sudah dilakukan terbentuk 4 kelompok distribusi yaitu Gudang I memiliki 109 rute distribusi untuk melayani 32 kecamatan, Gudang II memiliki 91 rute distribusi untuk melayani 29 kecamatan, Gudang III memiliki 70 rute distribusi untuk melayani 24 kecamatan, Gudang IV memiliki 66 rute distribusi untuk melayani 21 kecamatan. Kata Kunci : Perum Bulog, MDVRP, Nearest Neighbour, Euclidean Distance, VRP Solver

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:20
Last Modified: 02 Nov 2022 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60594

Actions (login required)

View Item View Item