PENETRATION TESTING TERHADAP WEBSITE UNIVERSITAS PASUNDAN DENGAN METODE ZERO ENTRY HACKING (STUDI KASUS: http://www.unpas.ac.id)

Gunawan, Oman and Ferdiansyah, Doddy (2022) PENETRATION TESTING TERHADAP WEBSITE UNIVERSITAS PASUNDAN DENGAN METODE ZERO ENTRY HACKING (STUDI KASUS: http://www.unpas.ac.id). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
oman_163040111_informatika.pdf

Download (385kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Dunia siber di Indonesia sering terjadi serangan dari sumber yang tercatat atau bisa dari luar negeri yang menjadikan sumber serangan itu selaku pijakan untuk mencari kerentanan pada suatu platform. Metode penyerangan siber menggunakan malware tercatat paling banyak digunakan didunia, hackmagedon mencatat 39% dari distribusi teratas serangan siber dunia merupakan serangan menggunakan malware sehingga menduduki peringkat pertama dalam serangan siber secara global. Meskipun penyerang lebih sering melakukan penyerangan kepada Lembaga Pemerintahaan, Keuangan dan Berita, bukan berarti lembaga pendidikan seperti Universitas Pasundan menjadi aman dari serangan siber. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan sistem keamanan situs web Universitas Pasundan salah satu cara yang dilakukan adalah menggunakan metode Penetration Testing. Penelitian dilakukan dengan 4 tahap pengujian yaitu: Pengintaian Sistem digunakan untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai situs web yang diteliti, Pemindaian dilakukan untuk mencari kelemahan pada target yang diteliti, Eksploitasi celah keamanan mengacu pada standar keamanan OWASP Top 10 untuk membantu dalam memastikan ada atau tidaknya celah keamanan. dan Pada tahap terakhir yaitu menuliskan laporan mengenai hasil dari pengujian tersebut. Hasil akhir dan kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini berupa laporan celah keamanan yang berisi daftar kelemahan yang dimiliki oleh situs web Universitas Pasundan, sehingga pengelola dapat meningkatkan keamanan agar meminimalisir penyerangan dari peretas yang tidak bertanggung jawab. Kata Kunci : Serangan siber, Situs Web, OWASP Top 10, Uji Penetrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:50
Last Modified: 02 Nov 2022 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60577

Actions (login required)

View Item View Item