PENGARUH KOMPOSISI JENIS JAMUR DAN BAHAN PEMBUSA (FOAMING AGENT) PADA PROSES PENGERINGAN FOAM-MAT DRYING TERHADAP KARAKTERISTIK PENYEDAP RASA ALAMI

Aurellya Dwi Maharani, Ninditha and Dedy Sutrisno, Asep and Suliasih, Neneng (2022) PENGARUH KOMPOSISI JENIS JAMUR DAN BAHAN PEMBUSA (FOAMING AGENT) PADA PROSES PENGERINGAN FOAM-MAT DRYING TERHADAP KARAKTERISTIK PENYEDAP RASA ALAMI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ninditha Aurellya D.M_163020224_Teknologi Pangan.pdf

Download (925kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh komposisi jenis jamur dan bahan pembusa (foaming agent) terhadap karakteristik penyedap rasa alami. Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan nilai tambah terhadap jamur tiram putih dan jamur kancing. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 5x3 dengan 2 kali pengulangan. Faktor pertama adalah komposisi jamur tiram putih dengan jamur kancing yang terdiri dari 5 taraf yaitu p1(1:1), p2 (1:2), p3(3:1), p4 (3:1), dan p5 (2:1) dan faktor kedua adalah bahan pembusa (foaming agent) dengan 3 taraf yaitu b1(putih telur), b2 (tween80) dan b3 (xanthan gum). Rancangan respon yang digunakan adalah respon kimia yaitu, kadar air dan kadar protein. Respon fisik yaitu total padatan tidak terlarut dan nilai rendemen, dan respon oragnoleptik yaitu uji hedonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi jamur tiram putih dengan jamur kancing dan bahan pembusa (foaming agent) serta interaksi keduanya berpengaruh terhadap kadar air, kadar protein, total padatan tidak terlarut, organoleptik (rasa dan warna) penyedap rasa alami, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap respon organoleptik (aroma). Kata kunci : penyedap rasa alami, komposisi jamur dan bahan pembusa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:43
Last Modified: 02 Nov 2022 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60576

Actions (login required)

View Item View Item