ARAHAN PENATAAN JALUR PEDESTRIAN DI KORIDOR JALAN KOLEKTOR KOTA BANDUNG (Studi Kasus: Koridor Jalan Buah Batu dari Persimpangan Jalan BKR - Jalan Kliningan)

Doni Agun Prasetya, Aditya and H.Soemantri, Usup and Sari Nurwulandari, Fury (2022) ARAHAN PENATAAN JALUR PEDESTRIAN DI KORIDOR JALAN KOLEKTOR KOTA BANDUNG (Studi Kasus: Koridor Jalan Buah Batu dari Persimpangan Jalan BKR - Jalan Kliningan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Aditya Doni Agung Prasetya_153060008_Planologi (Perencanaan Wilayah & Kota).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Koridor Jalan Buah Batu Kota Bandung merupakan jalan kolektor primer yang memiliki peran penting bagi perkembangan Kota Bandung di mana berdasarkan Peta Rencana Pola Ruang RDTR Kota Bandung didominasi oleh perdagangan dan jasa linear. Selain kegiatan komersial, terdapat juga sarana pendidikan dan juga kawasan permukiman. Maka dengan adanya keseluruhan kegiatan tersebut telah menimbulkan peluang aktifitas jarak pendek yaitu berjalan kaki sehingga perlu adanya penyediaan dan penataan jalur pedestrian di Koridor Jalan Buah Batu Bandung. Selain itu terdapat permasalahan yang dapat mengurangi keamanan, kenyamanan, keselamatan dan keindahan jalur pedestrian pada wilayah kajian seperti PKL dan parkir, jalur pedestrian rusak serta pendukung aktivitas seperti tempat duduk, tempat sampah, dan lainnya yang tidak terawat dan tidak memenuhi standar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membuat arahan penataan jalur pedestrian di koridor jalan kolektor guna meningkatkan pelayanan dan memfasilitasi pejalan kaki dan memberikan rasa yang aman, nyaman, selamat dan indah bagi pejalan kaki yang ditinjau berdasarkan ketentuan pedoman jalur pedestrian tingkat pelayanan, serta persepsi pejalan kaki yang setelahnya dirumuskan menjadi suatu arahan penataan jalur pedestrian di koridor jalan kolektor dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kondisi jalur pedestrian pada wilayah kajian masih belum sesuai jika dilihat berdasarkan standar teknis yang berlaku, standar tingkat pelayanannya, dan persepsi pejalan kaki. Kata Kunci: : Pedestrian, Jalur Pedestrian, Jalur Pedestrian Jalan Buah Batu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:20
Last Modified: 01 Nov 2022 08:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60533

Actions (login required)

View Item View Item