Yussi Oktaviani Dewi, 182030025 (2022) DIPLOMASI HALLYU DALAM PENYERAPAN PRODUK MAKANAN KOREA SELATAN DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (974kB) | Preview |
|
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Dengan diplomasi Hallyu, selain untuk memoles citra negaranya, Korea Selatan bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai pasar strategis untuk berbagai produk asal negaranya, Mulai dari produk hiburan, hingga makanan. Dengan menyematkan konten-konten promosional berisi produk asli negaranya dalam berbagai produk budaya populer Hallyu seperti drama, film dan lainnya lambat laun akan dapat mempengaruhi konsumen pasar yang dalam hal ini adalah masyarakat Indonesia untuk setidaknya mengetahui tentang produk-produk tersebut. dan bisa sampai mengubah preferensi masyarakat akan suatu produk. Yang dalam fokus kali ini adalah produk makanan yang merupakan bagian dari kebutuhan primer masyarakat dan berimbas ke dalam dinamika produk makanan yang ada dalam pasar Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari bentuk diplomasi publik Korea Selatan melalui Hallyu, mengetahui bagaimana proses penyerapan produk-produk makanan Korea Selatan di Indonesia, dan mengetahui bagaimana implikasi dari diplomasi Hallyu terhadap penyerapan produk makanan-makanan Korea Selatan di Indonesia. Metode penelitian deskriptif digunakan dalam pengerjaan penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik studi kepustakaan dengan melakukan penelaahan terhadap data-data yang bersifat kredibel mengenai topik penelitian yang diambil. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis interaktif dengan menyaring data yang diperlukan dan menyajikannya dengan cara deskriptif sesuai dengan fokus dan tujuan penelitian, dan terakhir adalah menyusun analisis akhir yang berbentuk laporan hasil penelitian. Hipotesis dari penelitian ini adalah “Diplomasi Hallyu telah meningkatkan penyerapan produk makanan Korea Selatan di Indonesia yang ditandai dengan adanya penyebaran produk makanan bercita rasa Korea di Indonesia ” . Melalui penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa persepsi positif akan K-pop dan bintang Hallyu yang merupakan imbas dari diplomasi Hallyu menjadi katalis bagi penyerapan produk makanan Korea Selatan di Indonesia. Namun, dengan segmentasi pasar yang masih sangat terbatas. Yaitu di seputar para kaum dewasa muda dan juga penggemar Hallyu saja. Kata Kunci: Diplomasi Hallyu, Globalisasi, Korea Selatan, Hallyu, Budaya Populer
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 07:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 07:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60517 |
Actions (login required)
View Item |