PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Periode 2017-2021)

ALI BASMALUDIN, NPM : 188020016 (2022) PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Periode 2017-2021). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Ali Basmaludin.doc

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh leverage, likuiditas, dan profitabilitas terhadap kondisi financial distress pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan yang berguna untuk pihak-pihak yang berkepentingan terutama investor sebagai alat analisis untuk memprediksi adanya kesulitan keuangan dan sebagai tanda peringatan dini adanya kebangkrutan dimasa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik analisis data menggunakan Eviews. 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa leverage, likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap prediksi financial distress pada perusahaan pertambangan. Secara parsial variabel likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (CR) dan variabel profitabilitas yang diukur dengan Return on Assets (ROA) berpengaruh terhadap prediksi financial distress sedangkan variabel leverage yang diukur dengan rasio Debt Ratio (DAR) tidak berpengaruh terhadap prediksi financial distress. Kata Kunci : Current Ratio (CR), Debt Ratio (DAR), Return On Asset (ROA), Prediksi Kebangkrutan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:08
Last Modified: 01 Nov 2022 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60516

Actions (login required)

View Item View Item