PENGARUH AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Survei pada Desa di Kabupaten Bandung)

Hafid Sulaeman, 184020093 and Dr. Elvira Zeyn, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Survei pada Desa di Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh aksesibilitas laporan keuangan dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa pada desa di Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Sampel pada penelitian ini sebanyak 81 responden dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil penyebaran kuesioner pada 27 desa yang ada di Kabupaten Bandung. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, korelasi berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan serta analisis koefisien determinasi dengan bantuan menggunakan software SPSS IBM Statistics 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, sedangkan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Dimana besarnya pengaruh aksesibilitas laporan keuangan sebesar 17% dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) sebesar 37,6% terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Secara simultan aksesibilitas laporan keuangan dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa sebesar 54,6%, sedangkan sisanya yaitu 45,4% merupakan pengaruh faktor diluar kedua variabel independen yang sedang diteliti, seperti kompetensi pemerintah desa, penyajian laporan keuangan, transparansi, sistem akuntansi keuangan desa, pemahaman teknologi, dll. Kata kunci: Aksesibilitas Laporan Keuangan, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:10
Last Modified: 01 Nov 2022 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60488

Actions (login required)

View Item View Item