REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU WICARA DI PUSAT PELAYANAN SOSIAL GRIYA HARAPAN DIFABEL KECAMATAN CIMAHI UTARA KOTA CIMAHI

Aqsha Putra Prawira, 182020112 (2022) REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU WICARA DI PUSAT PELAYANAN SOSIAL GRIYA HARAPAN DIFABEL KECAMATAN CIMAHI UTARA KOTA CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover-Aqsha Putra.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan-Aqsha Putra.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengatar-Aqsha Putra.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Isi-Aqsha Putra.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Surat Pernyataan-Aqsha Putra.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak-Aqsha Putra.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab 1-Aqsha Putra.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab 2-Aqsha Putra.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka-Aqsha Putra.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Rehabilitasi sosial menjadi hal yang sangat penting bagi penyandang disabilitas sensorik rungu wicara, dan rehabilitasi sosial menajadi salah satu upaya dalam membantu penyandang disabilitas sensorik rungu wicara dalam mengembalikan keberfungsian sosialnya, untuk mengembalikan keberfungsian sosial dari penyandang disabiltias terutama pada penyandang disabilitas sensorik rungu wicara dibutuhkannya wadah berupa panti rehabilitasi sosial guna proses pengembalian keberfungsuan sosial dari penyandang disabilitas dapat terarah dan terstruktur dengan baik. Upaya dalam mengembalikan keberfungsian sosial penyandang disabilitas sensorik rungu wicara yang diterapkan di Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel dengan melakukan bimbingan fisik, bimbingan mental, bimbingan sosial, dan bimbingan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana bimbingan-bimbingan yang diterapkan bagi penyandang disabilitas sensorik rungu wicara, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana hambatan dan upaya dalam rehabilitasi sosial penyandang disabilitas sensorik rungu wicara di Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan studi dokumen. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamat, triangulasi sumber data, menggunakan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa rehabilitasi sosial penyandang disabiltas sensorik rungu wicara berjalan cukup baik hanya saja pemahaman mengenai Bahasa isyarat masih kurang dikuasai oleh seluruh pegawai sehingga masih mengandalkan juru Bahasa isyarat dan keterbatasan jumlah juru Bahasa isyarat yang dirasa perlu ditambah. Kata kunci: Rehabilitasi sosial, penyandang disabilitas sensorik rungu wicara, Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:59
Last Modified: 01 Nov 2022 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60484

Actions (login required)

View Item View Item