PERBANDINGAN TEPUNG UMBI PORANG ( Amorphophallus oncopphyllus) DENGAN TEPUNG WORTEL (Daucus carrota L) TERHADAP KARAKTERISTIK MI KERING

Resviani Irnawan, Reva and Gozali, Thomas and Sutisna Achyadi, Nana (2022) PERBANDINGAN TEPUNG UMBI PORANG ( Amorphophallus oncopphyllus) DENGAN TEPUNG WORTEL (Daucus carrota L) TERHADAP KARAKTERISTIK MI KERING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Reva Resviani Irnawan _153020094_Teknologi Pangan1.pdf

Download (401kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung umbi porang dengan tepung wortel terhadap karakteristik mi kering. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang pemanfaatan tepung umbi porang dan tepung wortel, memberikan informasi dan maaf untuk pembuatan mi kering tanpa adanya bahan baku tepung terigu, memberikan nilai tambah dan nilai guna ekonomi dari wortel dengan kualitas rendah, dapat meningkatkan diversifikasi pangan mi kering dengan menggunakan bahan baku lokal, seta memberikan tekstur yang diinginkan sehingga dapat diterima oleh konsumen dan memiliki gizi yang baik. Perlakuan dilakukan dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) satu faktor dan 4 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang dilakukan terdiri dari satu faktor yaitu perbandingan tepung umbi porang varietas Amorphophallus onchopyllus dengan tepung wortel varietas Daucus carrota .L (a) yang terdiri dari 6 taraf perlakuan yaitu (a1) 6:4, (a2) 5:5, (a3) 4:6, (a4) 3:7, (a5) 2:8, dan (a6) 1:9, sehingga diperoleh 24 perlakuan. Respon yang diuji terdiri dari respon kimia dan respon organoleptic. Respon kimia terdiri dari kadar air, kadar abu, kadar serat kasar, kadar serat makanan, kadar karotenoid total, dan kadar glukomannan. Respon organoleptic terdiri dari warna, rasa, aroma, dan tekstur handfeel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tepung umbi porang dengan tepung wortel berpengaruh terhadap karakteristik warna, tekstur handfeel, kadar air, kadar abu, kadar serat makanan, kadar karotenoid dan kadar glukomannan. Kata kunci : Tepung Umbi Porang, Tepung Wortel, Mi Kering.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:40
Last Modified: 01 Nov 2022 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60476

Actions (login required)

View Item View Item