PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KACANG KORO PEDANG (Canavalia ensiformis (L.)DC) DENGAN TEPUNG KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L) DAN KONSENTRASI SORBITOL TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK BAR

Putri, Morina Amelia (2022) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KACANG KORO PEDANG (Canavalia ensiformis (L.)DC) DENGAN TEPUNG KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L) DAN KONSENTRASI SORBITOL TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK BAR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Morina Amelia Putri_173020058_Teknologi Pangan.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh perbandingan tepung kacang koro pedang (Canavalia Ensiformis (L.)DC) dan tepung kacang merah (Phaseolus Vulgaris L) dengan konsentrasi sorbitol terhadap snack bar dan sebagai upaya diversifikasi produk snack bar dari tepung kacang koro pedang dan tepung kacang merah. Manfaat dari penelitian ini adalah adanya alternatif bahan baku sebagai sumber protein dengan memanfaatkan bahan pangan lokal dan meningkatkan nilai ekonomis terhadap kacang koro pedang. Metode penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari penelitian pendahuluan yaitu membuat tepung kacang koro pedang dan tepung kacang merah serta dilakukan analisis kadar sianida dan kadar protein. Penelitian utama menggunakan Rancangan Acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu Perbandingan tepung kacang koro pedang dan tepung kacang merah (1:2), (1:1), (2:1), dan konsentrasi sorbitol (10%, 12%, 14%). Respon dalam penelitian ini yaitu terdiri dari respon kimia yang meliputi kadar karbohidrat, kadar protein, kadar lemak dan kalori. Respon fisik meliputi pengujian tekstur dan respon organoleptik terhadap atribut warna, rasa, aroma dan tekstur. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan tepung kacang koro pedang dan tepung kacang merah pada produk snack bar berpengaruh terhadap kadar protein, kadar karbohidrat, atribut warna, rasa, aroma dan tekstur. Konsentrasi sorbitol pada produk snack bar berpengaruh terhadap kadar karbohidrat, warna, rasa, dan aroma serta tidak berpengaruh terhadap kadar protein dan tekstur. Interaksi perbandingan tepung kacang koro pedang dan tepung kacang merah dengan konsentrasi sorbitol berpengaruh terhadap kadar karbohidrat, rasa, warna dan aroma, sedangkan pada kadar protein dan tekstur tidak berpengaruh. Kata Kunci: Snack Bar, Tepung Kacang Koro Pedang, Tepung Kacang Merah, Sorbitol.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:35
Last Modified: 01 Nov 2022 05:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60475

Actions (login required)

View Item View Item