PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI PRODUK T-SHIRT MENGGUNAKAN METODE ROUGH CUT CAPACITY PLANNING (RCCP) DAN CAPACITY REQUIREMENT PLANNING (CRP) (STUDI KASUS : PT. Sansan Saudaratex Jaya)

Ramadhan, Harits Raafi (2022) PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI PRODUK T-SHIRT MENGGUNAKAN METODE ROUGH CUT CAPACITY PLANNING (RCCP) DAN CAPACITY REQUIREMENT PLANNING (CRP) (STUDI KASUS : PT. Sansan Saudaratex Jaya). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Harits Raafi Ramadhan_183010030_Teknik Industri.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Perencanaan kapasitas produksi adalah permasalahan bagi perusahaan manufaktur. Maka perusahaan harus memiliki perencanaan kapasitas yang baik agar dapat memenuhi kapasitas produksi perusahaan. PT. Sansan Saudaratex Jaya adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang memproduksi Garment. Sistem produksi pada perushaan PT. Sansan Saudaratex Jaya adalah Make To Order. Yaitu perusahaan akan melakukan produksi jika terdapat permintaan atau demand dari pelanggan. Demand yang berfluktuasi dapat mengakibatkan keterlambatan proses produksi sehingga pengiriman produk T-Shirt tidak tepat waktu. Pada pemecahan masalah ini menggunakan metode Rough Cut Capacity Planning (RCCP) dan Capacity Requirement Planning (CRP). RCCP ini sebagai proses konversi dari Master Productiun Schedule (MPS) ke dalam kebutuhan kapasitas yang berkaitan dengan sumber daya kritis, seperti : mesin, peralatan, manusia, dan juga kapasitas gudang. CRP ini menghitung kapasitas berdasarkan kebutuhan material produk atau Material Requirement Planning (MRP). Hasil dari penelitian ini yang menggunakan metode RCCP dan CRP adalah melakukan penyesuaian tenaga kerja antar stasiun kerja sehingga tidak melebihi kapasitas waktu over time. Kata Kunci : Kapasitas Produksi, Make To Order, RCCP, CRP

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:16
Last Modified: 01 Nov 2022 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60464

Actions (login required)

View Item View Item