ANALISIS PERENCANAAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA PT. XYZ BANDUNG JAWA BARAT

Maun Jamaludin, maun.jamaludin@unpas.ac.id (2022) ANALISIS PERENCANAAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA PT. XYZ BANDUNG JAWA BARAT. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 13 (2). pp. 70-83. ISSN E-ISSN: 2656-2820 P-ISSN 1829-5762

[img]
Preview
Text
4552-Article Text-23591-1-10-20220630 (1).pdf

Download (504kB) | Preview
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/ar...

Abstract

Manajemen Rantai Pasok memiliki peran sangat penting pada sebuah entitas bisnis yang dijalani oleh suatu perusahaan. Dengan diterapkannya manajemen rantai pasok, industri bisa mengatasi kerugian dan sebaliknya bisa memperoleh keuntungan di atas rata-rata. Dan juga, industri bisa mempertemukan pada pihak-pihak yang berperan serta dalam proses transpormasi bahan mentah menjadi barang siap pakai. Oleh sebab itulah, proses produksi maupun menyaluran produk/jasa yang diproduksi oleh sebuah industri dapat berjalan dengan lebih baik dan efisien. Manajemen rantai pasok merupakan proses penentuan pemasok, perencanaan logistik, dan pengiriman pasokan. Tujuan riset ini menganalisis prencanaan supply chain management (SCM), menelaah proses penentuan pemasok, dan penyaluran/distribusi logistik di PT.XYZ Bandung. Riset ini memakai metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis yang hanya menitik beratkan pada Perencanaan Manajemen Rantai Pasok pada PT. XYZ Bandung. Hasil riset ini bahwa proses penentuan pemasok pada PT. XYZ Bandung melalui kolaburasi antara agen tunggal pemegang merk Toyota di Indonesia yaitu PT. XYZ Bandung. Penyediaan logistik pada PT. XYZ Bandung masuk dalam katagori sangat baik dari sisi mutu produk, harga yang bersaing, perusahaan pemasok yang kredibel, waktu yang efisien, lokasi yang strategis, serta biaya yang efisien. Pendistribusian pasokan dari PT. XYZ Bandung melalui toko-toko yang berkolaburasi melalui proses penjualan suku cadang asli TOYOTA agar bisa membantu proses penjualan. Karena wilayah pelayanan yang sangat luas di wilayah Jawa Barat maka pihak manajemen PT. XYZ bias membangun pabrik baru di wilayah Kawasan Jawa Barat, dengan tujuan bisa mempercepat proses pelayanan dan pemasok logistik di Jawa Barat. Kata Kunci: Penentuan Pemasok, Distribusi Logistik dan Perencanaan SCM.

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Nov 2022 00:32
Last Modified: 01 Nov 2022 00:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60420

Actions (login required)

View Item View Item