METODE PEMBELAJARAN DEMOSTRASI PADA BAND KELAS 11 DI SMA KRISTEN KALAM KUDUS BANDUNG. Shenia Penina Setiawan : 176040026

Shenia Penina Setiawan, R. Yeni Dewi Cahyani, S.S., M.Pd. (2022) METODE PEMBELAJARAN DEMOSTRASI PADA BAND KELAS 11 DI SMA KRISTEN KALAM KUDUS BANDUNG. Shenia Penina Setiawan : 176040026. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
Skripsi_Shenia.P 176040026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai metode pembelajaran yang dilakukan pada band kelas 11 oleh guru band SMA Kristen Kalam Kudus Bandung dalam penerapan pembelajaran band yang menghasilkan prestasi pada penerapannya di perlombaan yang diselenggarakan oleh YMJ (Yayasan Musik Jakarta) atau Sekolah Menengah Kejuruan Musik (SMKM) Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dan visual dengan lokasi penelitian SMA Kristen Kalam Kudus Bandung dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian yang penulis dapatkan adalah metode demonstrasi yang dilakukan oleh guru band kepada band kelas 11 SMA Kristen Kalam Kudus Bandung sudah efektif dilakukan karena pembentukan baru saja dilakukan namun band yang telah dilatih dengan metode demonstrasi ini mampu mendapatkan peringkat 10 besar tingkat nasional dalam perlombaan cover lagu yang diselenggarakan oleh YMJ. Metode guru yang mengajarkan siswa/siswi dengan mempraktekkan secara langsung setiap teknik-teknik dan materi yang akan dibawakan kedalam penampilan lomba virtual. Tentunya ada kekurangan dalam penerapan metode demonstrasi ini diantaranya beberapa siswa/siswi menjadi terpaku kepada setiap arahan guru dan sulit dalam berimprovisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2022
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:42
Last Modified: 31 Oct 2022 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60413

Actions (login required)

View Item View Item