PERANCANGAN FLASH CARD PARIBASA SUNDA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI KOTA CIMAHI. ANITA NURULHASNA: 186010038

ANITA NURULHASNA, Dr. H. Wawan Setiawan,. M.Sn (2022) PERANCANGAN FLASH CARD PARIBASA SUNDA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI KOTA CIMAHI. ANITA NURULHASNA: 186010038. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Dewasa ini, budaya Sunda kian hari kian meluntur akibat pengaruh globalisasi dan teknologi. Dalam budaya Sunda, Paribasa sangat dijunjung tinggi sebagai acuan dalam berperilaku sehari-hari. Namun pada bangku sekolah dasar, materi paribasa kurang diminati siswa. Perancangan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan minat siswa sekolah dasar kelas IV dan V di Cimahi terhadap mata pelajaran bahasa Sunda, khususnya materi paribasa. Perancangan ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu (1) Menentukan potensi permasalahan. (2) Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang datanya dikumpulkan melalui wawancara, obsservasi, pembagian kuesioner, dan studi literatur. (3) Pengolahan dan analisis data. (4) Perancangan desain flash card sebagai media pembelajaran alternatif. Dalam membantu meningkatkan minat siswa terhadap paribasa, penulis merancang media flash card full color dengan visualisasi yang menarik. Siswa menginginkan belajar sambil bermain sehingga tidak membosankan dan lebih mudah memahami materi. Media flash card ini dapat digunakan tenaga pengajar mata pelajaran bahasa Sunda pada siswa sekolah dasar di Kota Cimahi. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa siswa sekolah dasar khususnya kelas IV dan V di Cimahi kurang tertarik dengan materi paribasa, hal ini disebabkan karena paribasa mengandung kata-kata yang kurang familiar sehingga dirasa sulit oleh siswa. Maka dari itu, perancangan flash card paribasa Sunda ini diharapkan dapat menjadi media alternatif dalam mempelajari bahasa Sunda dengan cara yang menarik, khususnya materi paribasa yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Sunda. Kata kunci: Bahasa Sunda, flash card, media belajar alternatif, paribasa, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2022
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:37
Last Modified: 31 Oct 2022 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60411

Actions (login required)

View Item View Item