KAMPANYE EDUKATIF MENYAYANGI KUCING UNTUK ANAK USIA DINI. Jelita Syahla Sabrina: 186010050

Jelita Syahla Sabrina, Dr. H. Waska Warta, M.M dan Boy Irwan Budiman, S. Sn s (2022) KAMPANYE EDUKATIF MENYAYANGI KUCING UNTUK ANAK USIA DINI. Jelita Syahla Sabrina: 186010050. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-2.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sedang meningkat untuk diminati sebagai hewan peliharaan, peningkatan tersebut terjadi khususnya saat pandemi COVID-19 berlangsung. Memelihara hewan peliharaan khususnya kucing sudah menjadi lifestyle dan fenomena menarik selama pandemi COVID-19 tersebut berlangsung. Kucing tak hanya diminati dan digemari oleh kalangan usia menengah ke atas saja namun juga anak kecil, dengan begitu banyak anak kecil yang menaruh perhatian kepada kucing. Kucing dengan manusia khususnya dengan anak kecil memiliki ikatan yang menguntungkan, salah satunya adalah kucing dapat mengurasi rasa kecemasan juga kesejahteraan berupa mental dan fisik. Namun, dibalik ketertarikan tersebut, masih banyak anak kecil yang lalai baik dalam memelihara juga memperlakukan kucing dengan baik, seperti menjahilinya walau dengan atas dasar bercanda dan gemas. Dengan begitu, dengan memanfaatkan ketertarikan tersebut, dibutuhkan edukasi untuk anak usia dini dengan merancang media berupa kegiatan yang menyenangkan dengan cerita kehidupan sehari-hari sehingga terdapat pembelajaran yang diambil dan dapat diaplikasikan ke kehidupan sehari-harinya dan memperlakukan hewan khususnya kucing dengan baik layaknya teman sehingga baik kucing dan anak tidak ada yang dirugikan. Untuk mempermudah proses perancangan, digunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan kuesioner, wawancara, dan studi literatur. Perancangan pembelajaran untuk menyayangi kucing untuk anak usia dini digunakan metode storytelling yaitu buku interaktif dengan beberapa kegiatan seru di dalamnya seperti pop up, lift the flap, mencari gambar tersembunyi, dan DIY puppet sehingga membaca menjadi kegiatan menyenangkan. dengan media pendukung podcast atau audio book diharapkan anak usia dini dapat menumbuhkan rasa kasih sayang kepada kucing dan memperlakukannya dengan baik layaknya teman sendiri. Kata kunci: Kucing, anak usia dini, buku interaktif, hewan peliharaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2022
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:09
Last Modified: 31 Oct 2022 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60381

Actions (login required)

View Item View Item