PERANCANGAN MEDIA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN STRUKTUR KALIMAT PADA SISWA TUNARUNGU TINGKAT DASAR. DANI SUPRIADI: 186010020

DANI SUPRIADI, Purmaningrum Maeni, S.Sn., M.Ds. (2022) PERANCANGAN MEDIA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN STRUKTUR KALIMAT PADA SISWA TUNARUNGU TINGKAT DASAR. DANI SUPRIADI: 186010020. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
01.2 LEMBAR PENGESAHAN-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 DAPUS & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Penyandang tunarungu adalah orang yang memiliki kondisi fisik dimana ia tidak dapat mendengarkan suara, sehingga mengalami hambatan perkembangan bahasa dan mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut sering kali menyebabkan kesalahpahaman arti dan makna bagi orang lain dan berdampak pada perkembangan sosialnya. Maka dari itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan menyusun struktur kalimat pada anak penyandang tunarungu. Untuk memudahkan mendapatkan data, pada perancangan ini digunakan metode pendekatan penelitian Mixed Methods dengan instrumen penelitian observasi, kuesioner, dan wawancara. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan kemampuan menyusun struktur kalimat melalui aplikasi digital berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SLB-N Sukapura Bandung dan Yayasan Biruku Indonesia. Aplikasi digital ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan siswa dalam menyusun kalimat dan mempermudah orang tua serta tenaga pengajar dalam proses pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu dengan penggunaan aplikasi digital dapat membantu anak-anak belajar mengenai teknologi, mengajari mereka cara mengikuti aturan dan arahan, melatih logika dan pemecahan masalah, mengembangkan keterampilan motorik, menjalin komunikasi antara anak saat bermain bersama orang tua, dan menjadi salah satu media penghibur anak. Kata Kunci : Media Edukasi, Struktur Kalimat, Tunarungu, Aplikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2022
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:00
Last Modified: 31 Oct 2022 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60379

Actions (login required)

View Item View Item