PERANCANGAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI PADA PEMBUATAN T-SHIRT DI LINE 11A MENGGUNAKAN METODE HEURISTIK (STUDI KASUS : PT. SANSAN SAUDARATEX JAYA)

ACHMAD, FADILLAH and Harjadi,, Arumsari (2022) PERANCANGAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI PADA PEMBUATAN T-SHIRT DI LINE 11A MENGGUNAKAN METODE HEURISTIK (STUDI KASUS : PT. SANSAN SAUDARATEX JAYA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fadillah Achmad_183010024_Teknik Industri.pdf

Download (766kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Sansan Saudaratex Jaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang garmen dan tekstil, pada PT. Sansan Saudaratex Jaya memiliki sistem produksi make to order yaitu perusahaan akan memulai produksi jika terdapat permintaan dan memproduksi sesuai dengan permintaan konsumen. Oleh karena itu untuk mulai produksi perusahaan perlu melakukan beberapa hal yang harus dipersiapakan, salah satunya dengan merancang lintasan produksi. Dalam merancang lintasan produksi perusahaan menggunakan cara trial and error yaitu pengelompokan proses kerja kedalam stasiun kerja dengan cara coba-coba. Karena menggunakan cara trial mengakibatkan waktu siklus antar stasiun kerja tidak seimbang. Dampak dari ketidakseimbangan lintasan produksi yaitu output produksi pada lintasan tidak mencapai target yang ditentukan yaitu sebesar 540 pcs/hari. Oleh karena itu dilakukan perancangan ulang terhadap lintasan produksi saat ini dengan menggunakan metode yang lebih baik yaitu metode heuristik. Pada penelitian ini dibuat rancangan keseimbangan usulan dengan menggunakan metode heuristik. Ada tiga metode yang digunakan untuk merancang lintasan produksi yaitu metode ranked positional weight, metode largest candidate rule, metode kilbridge-wester. Setelah itu dihitung nilai performansi pada setiap metode yang digunakan lalu nilai performansi ketiga metode tersebut dibandingkan mana yang lebih baik dan akan dipilih menjadi rancangan usulan. Kemudian rancangan usulan dibandingkan dengan lintasan produksi saat ini dan dilihat seberapa jauh peningkatan nilai performansi dari rancangan usulan. Hasil dari penelitian ini yaitu Rancangan usulan dengan menggunakan metode kilbridge-wester menghasilkan Idle time yang semula 214,01 detik berkurang menjadi 121,54 detik dan line efficiency yang semula 72,76% dapat ditingkatkan menjadi 82,47%. Dari peningkatan performansi tersebut akan bedampak pada output yang dihasilkan dan waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan produksi t-shirt. Kata Kunci : Lintasan produksi, Metode Heuristik, Nilai performansi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:16
Last Modified: 01 Nov 2022 01:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60365

Actions (login required)

View Item View Item