ANALISIS PENGUKURAN KESIAPAN INDUSTRI 4.0 PADA PT. INDONESIA POWER SURALAYA PGU MENGGUNAKAN METODE INDONESIA INDUSTRY 4.0 READINESS INDEX (INDI 4.0)

EFENDI, BAYU and Fathoni Ishak, Riza (2022) ANALISIS PENGUKURAN KESIAPAN INDUSTRI 4.0 PADA PT. INDONESIA POWER SURALAYA PGU MENGGUNAKAN METODE INDONESIA INDUSTRY 4.0 READINESS INDEX (INDI 4.0). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Bayu Efendi_183010092_Teknik Industri.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Revolusi industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri dimana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya guna mencapai efisiensi yang setinggi-tingginya sehingga menghasilkan model bisnis baru berbasis digital. Tidak terkecuali pada PT. Indonesia Power Suralaya PGU, yang dimana perusahaan tersebut hingga saat ini sudah melakukan perkembangan ke arah digitalisasi. Indeks kesiapan industri 4.0 dilakukan untuk mengetahui kesiapan suatu industri terkait revolusi industri keempat. Industri di Indonesia diharapkan dapat mengukur kesiapannya untuk meningkatkan daya saing industri di pasar internasional yang cenderung menurun sejak 2017. INDI 4.0 merupakan sebuah indeks yang dirancang khusus sesuai dengan kondisi industri di Indonesia. Oleh sebab itu INDI 4.0 memiliki kekhususan sendiri, seperti penilaian untuk orang dan budaya. Struktur INDI 4.0 yang terdapat pada Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 didalam Bab II, Pasal 3, ayat 1 dan 2 INDI 4.0 memiliki lima pilar utama sebagai ukurun utama untuk menilai kesiapan sebuah industri. Kemudian dari lima pilar tersebut diperinci menjadi 17 bidang. Assesment ini dilakukan dengan menyiapkan instrumen dan wawancara dengan pihak expert (informan) serta pengamatan langsung untuk melihat bagaimana persiapan perusahaan untuk menerapkan Industri 4.0. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa skor penilaian akhir PT. Indonesia Power Suralaya PGU didapatkan sebesar 4,42375 yang dimana, angka tersebut menunjukan bahwa PT. Indonesia Power Suralaya PGU berada di level 4 (Empat). Yang menunjukkan PT. Indonesia Power Suralaya PGU sudah menerapkan sebagian Industri 4.0 dan sangat siap untuk bertransformasi ke Industri 4.0 secara masif. Kata Kunci : Indonesia Industry 4.0 Readiness Index, Indeks kesiapan Industri, PT. Indonesia Power Suralaya PGU

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:40
Last Modified: 31 Oct 2022 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60357

Actions (login required)

View Item View Item