PENGARUH KONSENTRASI BUNGA TELANG BUBUK (Clitoria ternatea L.) DAN VARIASI SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA SUSU BUNGA TELANG BUBUK DENGAN METODE KO-KRISTALISASI VACUUM DRYING

Lubis, Rezqia Finni Lathifah (2022) PENGARUH KONSENTRASI BUNGA TELANG BUBUK (Clitoria ternatea L.) DAN VARIASI SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA SUSU BUNGA TELANG BUBUK DENGAN METODE KO-KRISTALISASI VACUUM DRYING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rezqia Finni Lathifah Lubis_183020002_Teknologi Pangan.pdf

Download (988kB) | Preview

Abstract

Produk susu dapat diolah menjadi susu siap dikonsumsi atau diseduh terlebih dahulu. Susu yang diseduh terlebih dahulu biasanya berbentuk serbuk yang melalui proses pengeringan. Metode tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan metode ko-kristalisasi. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial dalam rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu Faktor T (Konsentrasi Bunga Telang Bubuk) yang terdiri dari 3 taraf yaitu t1: 0,2%, t: 0,3%, dan t3: 0,4%, dan faktor P (variasi suhu pengeringan) yang terdiri dari 3 taraf yaitu p1: 50°C, p2: 60°C dan p4: 70°C. Respon yang diuji dalam penelitian ini adalah respon kimia yang meliputi kadar air, aktivitas antioksidan, nilai pH. Respon fisik dalam penelitian ini antara lain waktu larut air, bagian tidak larut air, tingkat higroskopisitas, intenstias notasi L* a* dan b*, jumlah rendemen, dan viskositas. Respon organoleptik terhadap warna, aroma, rasa, dan viskositas. Pengaruh konsentrasi bunga telang bubuk yang berbeda berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, pH, dan intensitas warna. Variasi suhu pengeringan berpengaruh terhadap kadar air, waktu larut air, bagian tidak larut air, tingkat higroskopisitas, dan intensitas warna. Interaksi antara konsentrasi bunga telang bubuk dan variasi suhu pengeringan berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan dan intensitas warna. Kata Kunci: minuman serbuk susu, bunga telang, suhu pengeringan, ko-kristalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 29 Oct 2022 06:38
Last Modified: 29 Oct 2022 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60325

Actions (login required)

View Item View Item