PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS  DAN SOLVABILITAS TERHADAP PERUBAHAN PERINGKAT OBLIGASI SERTA DAMPAKNYA PADA YIELD TO MATURITY (Studi Pada Lembaga Keuangan Yang Diperingkat Oleh PT PEFINDO Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015–2019)

HERDI HARDIANA BUDIMAN, NPM : 208020223 (2022) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS  DAN SOLVABILITAS TERHADAP PERUBAHAN PERINGKAT OBLIGASI SERTA DAMPAKNYA PADA YIELD TO MATURITY (Studi Pada Lembaga Keuangan Yang Diperingkat Oleh PT PEFINDO Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015–2019). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Herdi Hardiana Budiman.doc

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas  dan solvabilitas terhadap perubahan peringkat obligasi serta dampaknya pada yield to maturity pada lembaga keuangan yang diperingkat oleh PT Pefindo terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan yang berguna untuk pihak-pihak yang berkepentingan terutama investor, sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan investasi obligasi di pasar modal. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik analisis data menggunakan Eviews. Hasil penelitian menunjukan bahwa Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Secara parsial Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi dan peringkat obligasi berpengaruh negatif terhadap yield obligasi pada lembaga keuangan. Kata Kunci : Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), Peringkat Obligasi, Return On Asset (ROA), Yield To Maturity

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 29 Oct 2022 04:38
Last Modified: 29 Oct 2022 04:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60317

Actions (login required)

View Item View Item