PERAN INDONESIA E-SPORT ASSOCIATION (IESPA) MELALUI E-SPORT MOBILE LEGEND DALAM MENINGKATKAN NATION BRANDING INDONESIA DI KAWASAN ASIA TENGGARA

Fiqri Fauzie, 182030069 (2022) PERAN INDONESIA E-SPORT ASSOCIATION (IESPA) MELALUI E-SPORT MOBILE LEGEND DALAM MENINGKATKAN NATION BRANDING INDONESIA DI KAWASAN ASIA TENGGARA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

IeSPA merupakan asosiasi yang bertujuan untuk meregulasi e-sport yang ada di Indonesia karena e-sport sendiri sekarang sudah menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di dalam Olimpiade. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi terhadap pembaca mengenai proses peran IeSPA melalui e￾sport Mobile Legend dalam meningkatkan Nation Branding Indonesia di Kawasan Asia Tenggara. Landasan penelitian ini menggunakan teori soft power, Nation Branding, Diplomasi, IeSPA dan Mobile Legend dengan pendekatan liberalisme. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi dan Penelitian Pustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana peran yang diberikan IeSPA dan apa tujuan dari IeSPA terhadap perkembangan e-sport Mobile Legend di Indonesia dalam meningkatkan Nation Branding Indonesia di Kawasan Asia Tenggara. Maka dari itu manfaat penelitian secara teoritis ini bertujuan untuk menambah pengetahuan hubungan internasional. Hipotesis dari penelitian ini adalah Peran IeSPA sebagai sarana untuk meningkatkan perkembangan National Branding Indonesia melalui esport Mobile Legend di Wilayah Asia Tenggara yang ditandai dengan medali perak yang didapatkan beberapa atlet esport sebagai pemain profesional yang mewakili nama Indonesia. Hasil dari penelitian ini Peran IeSPA membantu perkembangan e-sport di Indonesia khususnya game Mobile Legend dengan melakukan kerjasama dengan media, komunitas dan pemerintah. Kerjasama ini bertujuan untuk mengangkat potensi dari para gamers Mobile Legend yang ada di Indonesia untuk nantinya sebagai ajang penyeleksian atlet yang diberangkatkan untuk SEA games. Berdasarkan analisis yang di dapat oleh penulis, dalam meningkatkan Nation Branding Indonesia, IeSPA bisa dikatakan berhasil dengan membawa medali perak di SEA games dan banyak tim e-sport dari Indonesia yang mendapatkan sponsor dari brand luar. Hal ini merupakan hal yang positif bagi citra bangsa Indonesia di dunia khususnya kawasan Asia Tenggara. Kata Kunci: IeSPA, National Branding, E-sport, Diplomasi, Soft Power.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:55
Last Modified: 28 Oct 2022 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60271

Actions (login required)

View Item View Item