PENGARUH JENIS TEPUNG KACANG – KACANGAN (KACANG KEDELAI, KACANG HIJAU, KACANG MERAH) DAN KONSENTRASI TELUR TERHADAP KARAKTERISTIK KUE SIMPING

Komalasari, Nur Fitri (2022) PENGARUH JENIS TEPUNG KACANG – KACANGAN (KACANG KEDELAI, KACANG HIJAU, KACANG MERAH) DAN KONSENTRASI TELUR TERHADAP KARAKTERISTIK KUE SIMPING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nur Fitri Komalasari_153020122_Teknologi Pangan.pdf

Download (970kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh jenis tepung kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah) dan konsentrasi telur terhadap karakteristik kue simping dan bagaimana pengaruh interaksi antara jenis tepung kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah) dan konsentrasi telur terhadap karakteristik kue simping berdasarkan respon organoleptik, kimia, dan fisik. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan faktorial 3x3 dalam rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A (Jenis tepung kacang-kacangan) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (tepung kacang kedelai), a2 (tepung kacang hijau), a3 (tepung kacang merah) dan faktor B (konsentrasi telur) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (3%), b2 (4%), b3 (5%). Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa perbandingan terbaik tapioka dengan tepung kacang kedelai yaitu 2:1 karena berdasarkan uji organoleptik lebih disukai dari hal aroma, rasa dan tekstur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tepung kacang –kacangan (tepung kacang kedelai, tepung kacang hijau, dan tepung kacang merah) berpengaruh terhadap warna, aroma, rasa, tekstur, kadar pati (%), kadar protein (%), kadar air (%), dan kekerasan (hardness) (gf). Konsentrasi telur berpengaruh terhadap kadar pati (%) dan kadar air (%) tetapi tidak berpengaruh terhadap warna, aroma, rasa, tekstur, dan kadar protein (%). Interaksi antara jenis tepung kacang- kacangan (tepung kacang kedelai, tepung kacang merah, dan tepung kacang hijau) dan konsentrasi telur berpengaruh terhadap warna dan kekerasan (hardness) (gf) tetapi tidak berpengaruh terhadap aroma, rasa, tekstur, kadar pati (%), kadar protein (%), dan kadar air (%). Kata Kunci: Kue Simping, Tepung Kacang Kedelai, Tepung Kacang Hijau, Tepung Kacang Merah dan Konsentrasi Telur.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 28 Oct 2022 04:12
Last Modified: 28 Oct 2022 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60241

Actions (login required)

View Item View Item