PEMBANGUNAN APLIKASI BERBASIS WEBSITE DENGAN AGILE DEVELOPMENT MENGGUNAKAN FRAMEWORK SCRUM (STUDI KASUS: SOCIAL LEARNING PLATFORM)

Nuramria, Rakeyan (2022) PEMBANGUNAN APLIKASI BERBASIS WEBSITE DENGAN AGILE DEVELOPMENT MENGGUNAKAN FRAMEWORK SCRUM (STUDI KASUS: SOCIAL LEARNING PLATFORM). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rakeyan Nuramria_183040098_Teknik Informatika.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Transformasi teknologi mendorong berbagai elemen dalam kehidupan manusia saat ini. Oleh karena itu, untuk mencapai peningkatan kompetensi karyawan melalui Learning, Innovation dan Research guna mendukung digitalisasi nasional. Sehingga perusahaan membangun suatu aplikasi website yang diberi nama Social Learning Platform. Melihat waktu pembangunan aplikasi yang terbatas, diperlukannya pembangunan aplikasi dengan cepat serta memprioritaskan hasil produk. Aplikasi website Social Learning Platform ini dibangun dengan framework Scrum, yang merupakan salah satu framework turunan dari metode Agile Development yang membantu orang, tim, dan organisasi untuk menghasilkan nilai melalui solusi adaptif untuk masalah yang kompleks, juga menunjukan keefektifan relatif dari manajemen, lingkungan, dan teknik kerja saat ini, sehingga perbaikan dapat dilakukan. Scrum merupakan framework Agile yang paling populer dan mempunyai pengguna terbanyak dengan jumlah persentase sebesar 66% dari framework lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana implementasi langsung metode Scrum pada suatu projek dalam pengembangan aplikasi serta untuk melihat hasil yang didapat dari mengimplementasikan metode Scrum ini terhadap studi kasus Social Learning Platform dengan melakukan 6 Sprint. Selama proses pelakasanaan implementasi framework Scrum pada pengembangan aplikasi Social Learning Platform, aktivitas sprint yang mendukung antara lain: Sprint Planning, Daily Scrum, Sprint Review, dan Sprint Retrospective. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis website yang bernama Social Learning Platfom dan akan diuji menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk pengalaman pengguna dengan menggunakan responden dan mendapatkan hasil nilai rata – rata 90.46 atau peringkat A (Best Imaginable), yang dimana ini menjadikan acuan keberhasilan proses pembangunan aplikasi menggunakan framework Scrum. Kata kunci: Aplikasi, Agile, Scrum,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:54
Last Modified: 28 Oct 2022 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60217

Actions (login required)

View Item View Item