KOMBINASI METODE MNEMONIC MUSIK DENGAN ANIMASI UNTUK MENGHAFAL GERAKAN MOTORIK KASAR SEPATU RODA BAGI ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI PS ROLLER SCHOOL JAKARTA. Ghina Asyifa Tresna: 176040040

Ghina Asyifa Tresna, R. Yeni Dewi Cahyani.S.S.,M.Pd (2022) KOMBINASI METODE MNEMONIC MUSIK DENGAN ANIMASI UNTUK MENGHAFAL GERAKAN MOTORIK KASAR SEPATU RODA BAGI ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI PS ROLLER SCHOOL JAKARTA. Ghina Asyifa Tresna: 176040040. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Archive
TUGAS AKHIR-20221027T020413Z-001.zip
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Isi Penelitian ini berdasarkan penelitian ilmiah yang berjudul “ Kombinasi Metode Mnemonic Musik Dengan Animasi Untuk Menghafal Gerakan Motorik Kasar Sepatu Roda Bagi Anak Usia 5 - 6 Tahun Di PS Roller School Jakarta ”. Penulis merasa perlu untuk meneliti hal ini, karena untuk menemukan suatu permasalahan dalam proses mengingat gerakan di PS Roller School dan memberikan perubahan yang lebih efektif sehingga proses belajar melibatkan musik dapat maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui musik sebagai jembatan keledai untuk menghafal gerakan dalam pengembangan motorik kasar melalui kegiatan sepatu roda. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Data - data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara yang dilakukan di salah satu sekolah sepatu roda di Jakarta menggunakan iringan lagu sebagai alat ajar mengingat suatu gerakan trik sepatu roda di PS Roller School. Hasil penemuan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman orang tua kepada anak saat proses latihan sepatu roda berlangsung yang menimbulkan anak mudah terdistraksi oleh rekaman video ataupun mainan lain disekitarnya. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa musik salah satu cara yang efektif sebagai jembatan keledai untuk menghafal gerakan dalam pengembangan motorik kasar melalui kegiatan sepatu roda. Kata Kunci : Musik, Mnemonic, Motorik Kasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2022
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:15
Last Modified: 28 Oct 2022 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60201

Actions (login required)

View Item View Item