PENGARUH LUAS LAHAN, TENAGA KERJA, PENGUNAAN BENIH PADI DAN PUPUK TERHADAP PRODUKSI PADI (Studi Kasus Kelompok Tani “Putra Rahayu” Desa Bojongsari, Kabupaten Bandung)

Muhamad Jihadillah Abdurahman, 184030020 and Dr. Heri Hermawan, SE.,MP, Pembimbing (2022) PENGARUH LUAS LAHAN, TENAGA KERJA, PENGUNAAN BENIH PADI DAN PUPUK TERHADAP PRODUKSI PADI (Studi Kasus Kelompok Tani “Putra Rahayu” Desa Bojongsari, Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i-iii.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sektor pertanian mempunyai peranan penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah, karena sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat suatu daerah tersebut. mengetahui karakteristik kelompok tani Putra Rahayu Desa Bojongsari Kabupaten Bandung. Salah satu kegiatan pertanian adalah dengan memproduksi padi, dalam proses produksi ada beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah produksi padi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan pengaruh Luas Lahan (LL), Tenaga Kerja (TK), Benih Padi (BP) dan Pupuk (P) terhadap Produksi Padi (PP) kelompok tani Putra Rahayu Desa Bojongsari Kabupaten Bandung. Produksi padi di Kabupaten Bandung mengalami penurunan sebesar 57%, kemudian pada tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar 24%. Produksi padi tertinggi di duduki oleh Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan terhadap 53 anggota (Responden) kelompok tani Putra Rahayu di Kampung Cijeruk. Produksi padi kelompok tani Putra Rahayu di Desa Bojongsari, Kabupaten Bandung selama tiga tahun ini tetap. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel luas lahan (LL) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil produksi padi (PP), tenaga kerja (TK) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil produksi padi, benih padi (BP) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil produksi padi, dan pupuk (P) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil produksi padi. Kata Kunci: pertanian, produksi, benih, tenaga kerja, lahan, pupuk

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2018
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:47
Last Modified: 28 Oct 2022 01:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60196

Actions (login required)

View Item View Item