PELAKSANAAN METHODOLOGY PARTICIPATORY OF ASSESSMENT UNTUK PEMETAAN GRADUASI MANDIRI KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (KPM PKH) DI DESA CISALAK KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA

Annisa Fatatul Zannah, 182020070 (2022) PELAKSANAAN METHODOLOGY PARTICIPATORY OF ASSESSMENT UNTUK PEMETAAN GRADUASI MANDIRI KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (KPM PKH) DI DESA CISALAK KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Methodology Participatory Of Asessesment untuk pemetaan graduasi mandiri keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) menjadi salah satu upaya pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan. Methodology Participatory of Assesment (MPA) menjadi salah satu tujuan untuk memberikan dorongan, penyadaran dan pembelajaran agar KPM PKH melakukan graduasi mandiri secara sadar atas keadaan sosial yang terjadi di Desa Cisalak Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana proses teknik Methodology Particpatory of Assessent (MPA) terhadap graduasi mandiri keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH), untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana hasil dari pelaksanaan Methodology Participatory of Asesment (MPA) terhadap graduasi mandiri, dan untuk mendeskripsikan atau menganalisis bagaimana hambatan dari pelaksanaan Methodoly Particpatory of Asessment (MPA), serta untuk menganalisis dan mendeskripsikan implikasi praktik pekerja sosial dalam pelaksanaan Methodology Participatory of Assesment (MPA) terhadap graduasi mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasiln dari program ini dilihat dari semakin tinggi keterampilan pendamping lapangan maka partisipasi juga akan berbanding lurus, untuk itu diperlukan pendamping yang komunikatif, mampu menggerakkan serta mengubah pola pikir KPM PKH agar memahami bagaimana efektivitas, kebebasan, historis dan sosial dalam rangka KPM yang lebih berpatisipatif. Pelaksanaan program MPA di Desa Cisalak terbilang berhasil karena mampu mendorong kesadaran KPM atas kondisi kesejahteraannya sebanyak 5 orang KPM PKH. Kata kunci: Methode Participatory of Asessment, Graduasi Mandiri, Program Keluarga Harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:32
Last Modified: 27 Oct 2022 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60183

Actions (login required)

View Item View Item