FENOMENA PENGGUNAAN TIKTOK SHOP DI KALANGAN MAHASISWA KOTA BANDUNG

Farah Husna, 182050159 (2022) FENOMENA PENGGUNAAN TIKTOK SHOP DI KALANGAN MAHASISWA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
kata pengantar farah husna 182050159.docx

Download (31kB)
[img] Text
daftar isi farah husna 182050159.docx

Download (32kB)
[img] Text
abstrak farah husna 182050159.docx

Download (29kB)
[img] Text
cover farah husna 182050159.docx

Download (36kB)
[img] Text
daftar pustaka farah husna 182050159.docx

Download (34kB)
[img] Text
lembar pengesahan farah husna 182050159.docx

Download (72kB)
[img] Text
bab 1 farah husna 182050159.docx

Download (507kB)
[img] Text
bab 2 farah husna 182050159.docx

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Penggunaan TikTok Shop Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung (Studi Fenomenologi Penggunaan Tiktok Shop Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif, tindakan, serta makna mahasiswa Kota Bandung saat berbelanja di TikTok shop. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fenomenologi pandangan Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan studi kepustakaan, observasi lapangan dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif dari mahasiswa Kota Bandung saat berbelanja di TikTok shop adalah karena terdapatnya banyak kupon yang diberikan seperti kupon potongan harga, kupon gratis ongkos kirim, serta diskon besar, harga yang diberikan pun relatif lebih murah serta penggunaannya yang mudah. Tindakan yang dilakukan mahasiswa kota Bandung saat berbelanja di TikTok shop pada akhirnya adalah membeli barang yang diinginkannya melalui TikTok shop. Sebelum memutuskan membeli produkpun mereka akan melakukan pembandingan harga serta melihat ulasan yang diberikan pengguna lain. Makna yang didapat mahasiswa Kota Bandung saat berbelanja di TikTok shop adalah mereka merasakan kepuasan dan perasaan senang saat berbelanja, selain itu juga mereka mendapatkan referensi tempat berbelanja yang baru yaitu TikTok shop, serta mereka merasa dimudahkan dalam mencari barang baik melalui video konten maupun siaran langsung Saran yang ingin peneliti sampaikan setelah dilakukannya penelitian ini kepada pengguna TikTok khususnya yang menggunakan TikTok shop untuk berbelanja untuk tetap berhati hati saat akan membeli produk yang diinginkan, pastikan untuk melihat ulasan yang diberikan serta jangan jadikan TikTok shop untuk bersikap konsumtif. Serta lebih bijak dalam menggunakan aplikasi TikTok Kata Kunci : TikTok, TikTok Shop, Mahasiswa, Fenomenologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:21
Last Modified: 27 Oct 2022 08:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60180

Actions (login required)

View Item View Item