KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

AYU, DEVI PUTRI, 185050046 (2022) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
12, Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika tersusun dari bentuk konsep matematika yang sederhana sampai bentuk konsep matematika yang kompleks. Penerapan model pembelajaran tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dimasa sekarang ini, dengan menggabungkan pembelajaran yang memanfaatkan bantuan teknologi dan pembelajaran yang dapat menstimulan peserta didiknya agar dapat memiliki sikap kemandirian belajar untuk meningkatkan kemampuan matematika, yakni kemampuan literasi matematis. Salah satunya yaitu model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran. Penelitian eksperimen ini menggunakan jenis rancangan quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Ngamprah tahun ajaran 2021/2022 menjadi populasi dalam penelitian ini. Sedangkan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan literasi matematis dan angket kemandirian belajar. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran lebih baik dari pada kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) kemandirian belajar peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran tidak lebih baik dari pada kemandirian belajar peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis dengan kemandirian belajar peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: literasi matematis, kemandirian belajar, Flipped Classroom

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:55
Last Modified: 26 Oct 2022 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60021

Actions (login required)

View Item View Item