AYU, DEVI PUTRI, 185050046 (2022) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
Text
12, Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Matematika tersusun dari bentuk konsep matematika yang sederhana sampai bentuk konsep matematika yang kompleks. Penerapan model pembelajaran tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dimasa sekarang ini, dengan menggabungkan pembelajaran yang memanfaatkan bantuan teknologi dan pembelajaran yang dapat menstimulan peserta didiknya agar dapat memiliki sikap kemandirian belajar untuk meningkatkan kemampuan matematika, yakni kemampuan literasi matematis. Salah satunya yaitu model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran. Penelitian eksperimen ini menggunakan jenis rancangan quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Ngamprah tahun ajaran 2021/2022 menjadi populasi dalam penelitian ini. Sedangkan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan literasi matematis dan angket kemandirian belajar. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran lebih baik dari pada kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) kemandirian belajar peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran tidak lebih baik dari pada kemandirian belajar peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis dengan kemandirian belajar peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: literasi matematis, kemandirian belajar, Flipped Classroom
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 06:55 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 06:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60021 |
Actions (login required)
View Item |