PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Survei Di Kelas VIII SMPN 4 Kuningan)

YULVITA, MELI SRI, 185010010 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Survei Di Kelas VIII SMPN 4 Kuningan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
CAVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap minat belajar peserta didik di SMPN 4 Kuningan pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian mengungkap bahwa: 1) Minat belajar peserta didik saat pembelajaran tatap muka terbatas berada dalam rata-rata 71.0; dengan kategori baik. 2) Pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap minat belajar peserta didik sebesar 0.549 atau 30.1%, artinya pembelajaran tatap muka terbatas memiliki kontribusi pengaruh terhadap minat belajar sebesar 30.1% dan inflasinya sebesar 47.8% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti. 3) Kendala pada masa pembelajaran tatap muka terbatas terhadap minat belajar yaitu: (a)peserta didik mengalami keterbatasan waktu belajar saat pembelajaran tatap muka terbatas, (b)peserta didik merasa jenuh ketika mengikuti pembelajaran PPKn, (c)peserta didik jarang mencatat poin penting dalam materi yang disampaikan oleh guru. 4) Upaya mengatasi kendala pembelajaran tatap muka terbatas terhadap minat belajar peserta didik yaitu : (a)peserta didik selalu mengefektifkan waktu belajar selamat PTMT, (b)adanya kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran untuk membangkitkan minat belajar PPKn, (c)guru mengarahkan peserta didik untuk selalu mencatat poin penting dalam materi yang disampaikan. Kata Kunci: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Minat Belajar, PPKn, Pandemi Covid 19.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:43
Last Modified: 26 Oct 2022 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60019

Actions (login required)

View Item View Item