EVALUASI KEBIJAKAN DI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (BAPPELITBANG) KOTA BANDUNG (Studi: Perda Nomor 18 Tahun 2011 tentang RTRW Kota Bandung tahun 2011-2031)

AJENG SETIA PRASASTI, 182010009 (2022) EVALUASI KEBIJAKAN DI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (BAPPELITBANG) KOTA BANDUNG (Studi: Perda Nomor 18 Tahun 2011 tentang RTRW Kota Bandung tahun 2011-2031). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lahirnya Peraturan Daerah No.18 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung atahun 2011-2031, menjadi arah bagi pemeritah kota bandung dalam melakukan penataan ruang kota Bandung yang berkembang pesat sehingga berdampak pada munculnya berbagai permasalahan kota yang memerlukan solusi. BAPPELITBANG kota Bandung sebagai perangkat daerah yang membidangi perencanaan pembangunan infrastruktur dan wilayah memiliki tugas fasilitasi dan pengembangan infrastruktur dan wilayah daerah yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Proses Evaluasi Sistematis Kebijakan di BAPPELITBANG Kota Bandung (studi: Perda No.18 Tahun 2011 tentang RTRW Kota Bandung tahun 2011-2031). Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi kebijakan yang ada di BAPPELITBANG kota Bandung terdapat 3 (tiga) isu-isu strategis yang ada di kota Bandung yaitu: kemacetan, banjir, dan persampahan. Dalam penyelesaian di dalam RTRW sudah tertuang solusi rencana akan tetapi dalam pelaksanaannya masih belum terimplementasi. Pelaksanaan Perda ini juga berdampak pada perubahan pola struktur ruang Kota Bandung saat ini dan di masa depan berdampak pada pembangunan Kota Bandung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan Perda ini sudah cukup baik, bisa dilihat dari perencanaan yang baik dan sudah terlaksana akan tetapi masih belum bisa memecahkan permasalahan yang ada dikota Bandung terutama pada pembangunan infrastruktur dan pengembangan wilayah sehingga harus dilakukan perevisian pada perda ini. Kata Kunci: BAPPELITBANG, Evaluasi, Kota Bandung, dan RTRW.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:37
Last Modified: 27 Oct 2022 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59997

Actions (login required)

View Item View Item