YUNINDA, SARAH, 185030042 (2022) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INSTRINSIK TEKS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP SWADAYA 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstract.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak Sunda.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text
10. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
||
Text
11. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Akibat terjadinya wabah pandemi Covid-19, dunia pendidikan mengalami digitalisasi pada setiap aspek. Penerapan media belajar berbasis digital berperan penting membantu proses belajar-mengajar khususnya pada pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi unsur instrinsik teks fabel kelas VII. Sehingga, penelitian ini menghasilkan media komik digital berbentuk pdf yang dapat diakses & disebar menggunakan gawai secara daring melalui grup Whatsap/Google class room. Tujuan penelitian dilaksanakan adalah mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media komik digital dan mengetahui efektifitas penerapan media komik digital dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur instrinsik teks fabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif rancangan eksperimen semu yang membandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan, lalu data akan diolah menggunakan software SPSS 21. Hasil penelitian yang pertama yaitu peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media komik digital, terbukti pada hasil output test statistics uji wilcoxon Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya hipotesis diterima karena 0,000 kurang dari 0,050. Selain itu, terlihat dari perbandingan ratarata nilai pretest-posttest kelas eksperimen sebesar 35,8 yang meningkat menjadi sebesar 80,95. Efektifitas penerapan media komik digital. berdasarkan output test statistics uji mann whitney menggunakan sofware SPSS 21 diperoleh hasil Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,018 lebih kecil dari pada 0,050. Selain itu, Terdapat perbedaan dari hasil nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol. Diketahui bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yakni sebesar 80,95 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 72,2. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan komik digital dikatakan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur instrinsik teks fabel. Kata Kunci: Digitalisasi Pendidikan, Media belajar, Komik Digital
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 04:19 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 04:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59990 |
Actions (login required)
View Item |