PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INSTRINSIK TEKS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP SWADAYA 1 BANDUNG

YUNINDA, SARAH, 185030042 (2022) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INSTRINSIK TEKS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP SWADAYA 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstract.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak Sunda.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
10. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
11. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Akibat terjadinya wabah pandemi Covid-19, dunia pendidikan mengalami digitalisasi pada setiap aspek. Penerapan media belajar berbasis digital berperan penting membantu proses belajar-mengajar khususnya pada pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi unsur instrinsik teks fabel kelas VII. Sehingga, penelitian ini menghasilkan media komik digital berbentuk pdf yang dapat diakses & disebar menggunakan gawai secara daring melalui grup Whatsap/Google class room. Tujuan penelitian dilaksanakan adalah mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media komik digital dan mengetahui efektifitas penerapan media komik digital dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur instrinsik teks fabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif rancangan eksperimen semu yang membandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan, lalu data akan diolah menggunakan software SPSS 21. Hasil penelitian yang pertama yaitu peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media komik digital, terbukti pada hasil output test statistics uji wilcoxon Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya hipotesis diterima karena 0,000 kurang dari 0,050. Selain itu, terlihat dari perbandingan ratarata nilai pretest-posttest kelas eksperimen sebesar 35,8 yang meningkat menjadi sebesar 80,95. Efektifitas penerapan media komik digital. berdasarkan output test statistics uji mann whitney menggunakan sofware SPSS 21 diperoleh hasil Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,018 lebih kecil dari pada 0,050. Selain itu, Terdapat perbedaan dari hasil nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol. Diketahui bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yakni sebesar 80,95 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 72,2. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan komik digital dikatakan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur instrinsik teks fabel. Kata Kunci: Digitalisasi Pendidikan, Media belajar, Komik Digital

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:19
Last Modified: 26 Oct 2022 04:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59990

Actions (login required)

View Item View Item