Asyifa Nur Fauziya, 182050106 (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL SKILL MELALUI KEGIATAN CURHAT ANTAR-TEMAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar Lampiran.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Komunikasi Interpersonal Skill Melalui Kegiatan Curhat Antar-teman”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal skill yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai pendengar melalui kegiatan curhat antar-teman hingga bisa mendapatkan manfaat dari keterampilan yang dilakukan tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi interpersonal dari Devito dengan efektivitas komunikasi interpersonal yang meliputi aspek: Keterbukaan, Empati, Sikap mendukung, Sikap Positif dan Kesetaraan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti melakukan wawancara dengan empat informan inti pendengar dari kalangan mahasiswa Kota Bandung, satu informan akademisi dari dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNPAS, dan satu informan praktisi dari bidang psikologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek (keterbukaan) dibangun dengan cara sering melakukan interaksi sehingga melahirkan rasa kepercayaan antara pendengar dan temannya. (Empati) yang dimiliki pendengar mendorong mereka untuk menghargai keadaan temannya dan memperhatikan apa yang sedang didengarkan. (Sikap mendukung) disampaikan pendengar dengan cara menunjukkan ketersediaannya untuk mendengarkan curhat agar temannya merasa nyaman. (Sikap positif) disampaikan atas keinisiatifan pendengar dengan cara tidak memaksa teman, tidak memotong pembicaraan. (Kesetaraan) dibangun pendengar dengan menghargai kehadiran temannya dan pengalaman temannya dapat dipahami karena ada keterkaitan yang bisa menjadi pembelajaran untuk kehidupan pendengar. Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, Interpersonal Skill, Pendengar, Curhat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 07:19 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 07:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59903 |
Actions (login required)
View Item |