RANCANGAN STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE 4 DISCIPLINES OF EXECUTION (4DX) UNTUK PENCAPAIAN TUJUAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS: PT. TIRAI PELANGI NUSANTARA)

ARI KUSUMASTUTI, NRP. 208030001 (2022) RANCANGAN STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE 4 DISCIPLINES OF EXECUTION (4DX) UNTUK PENCAPAIAN TUJUAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS: PT. TIRAI PELANGI NUSANTARA). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-208030001-ARI KUSUMASTUTI.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini perusahaan perlu menyusun rencana-rencana strategis yang harus dilakukan oleh setiap elemen dalam perusahaan. Untuk memastikan berjalannya eksekusi yang sesuai, diperlukan pengendalian manajemen yang memadai. Fungsi pengendalian manajemen inilah yang menimbulkan aktifitas baru untuk membantu individu dan organisasi mencapai hasil dan tujuan yang diharapkan. Sehingga hambatan yang menyebabkan perusahaan mengalami kegagalan dalam mengimplementasikan rencana strategis dapat diminimalisir. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), industri tekstil domestik masih terpuruk terimbas oleh perubahan pola konsumsi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Namun permintaan ekspor tekstil Indonesia justru meningkat. Hal ini yang membuat depresiasi yang dialami industri tekstil pada tahun 2021 (4.08%) tidak sedalam tahun sebelumnya (8.88%). Maka perlu dilakukan pengendalian manajemen dengan model 4 Disciplines of Execution (4DX) yang mencangkup: Focus on wildly important goals; Action on the lead measure; Keep a compelling scoreboard; Create a cadence of accountability. Dianalisis menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) untuk melihat kontrol perilaku dari karyawan terhadap penerapan 4 Disciplines of Execution (4DX) diperusahaan dengan Structural Equation Modeling (SEM). Sehingga dapat meningkatkan target penjualan (29%), meningkatkan hasil produksi (30%), memperbaiki service level dan menekan selisih laporan mutasi stok. Dengan menjalankan aktifitas seperti briefing di pagi hari lalu laporan di sore hari dan melaksanakan meeting secara berkala. Didukung dengan scoreboard yang diperbarui secara berkala. Manajer, supervisor dan anggota tim harus selalu bekerja sama untuk memecahkan masalah dan rintangan agar dapat mencapai target dan memenuhi komitmen yang sedang dijalankan. Dalam hal ini, Theory of Planned Behavior (TPB) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap intensi karyawan dalam menerapkan 4 Disciplines of Execution (4DX) di perusahaan dengan perceived behavior control yang memiliki pengaruh paling besar yaitu 0,344 dibanding variabel lainnya seperti sikap terhadap perilaku (0,057) dan Norma Subjektif (0,037). Kata kunci: 4DX, TPB, Manajemen strategi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:51
Last Modified: 24 Oct 2022 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59829

Actions (login required)

View Item View Item