Saud, Abdul Mu’min (2018) ANALISIS MATHEMATIC ANXIETY SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 1 (1). ISSN 978-979-8793-97-4
|
Text
6.6.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
6.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat Mathematic Anxiety (Kecemasan Matematis) siswa Sekolah Dasar dalam menghadapai ujian akhir sekolah berstandar nasional. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar kelas VI dari satu diantara Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Sumedang dengan sampel terdiri dari satu kelas. Pengambilan data menggunakan angket Mathematic Anxiety. Jumlah subjek adalah 38 siswa. Berdasarkan kuesioner tingkat kecemasan, ditemukan ada dua tingkat kecemasan yang dialami oleh siswa, yaitu kecemasan matematika sedang dan kecemasan matematika berat. Setiap tingkat kecemasan dialami oleh 19 siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat level matematika adalah kurangnya scaffolding yang disediakan oleh guru ketika akan melaksanakan ujian, lingkungan belajar yang tidak mendukung, aktivitas pemecahan masalah yang kurang difahami oleh siswa, pengalaman tidak menyenangkan di masa lalu, seperti matematika yang gurunya tidak bersahabat, dan kurangnya motivasi dalam belajar matematika. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa Sekolah Dasar yang dijadikan sampel mengalami tingkat kecemasan sedang hingga berat ketika akan melaksanakan ujian akhir sekolah berstandar nasional. Kata Kunci: Mathematic Anxiety dan ujian akhir sekolah berstandar nasional
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 22 Oct 2022 03:48 |
Last Modified: | 22 Oct 2022 03:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59805 |
Actions (login required)
View Item |