PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS CERPEN BERORIENTASI NILAI MORAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Julia Rahmawati, NPM: 198090010 (2022) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS CERPEN BERORIENTASI NILAI MORAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Julia Rahmawati.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Lemahnya daya kritis-kreatif (maha) pembelajar Indonesia dalam kompetensi menulis khususnya menulis cerita pendek. Tujuan penelitian ini adalah (a) mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks cerpen berorientasi nilai moral pada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan PBL dan peserta didik yang pembelajaran konvensional; (b) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL dan peserta didik dengan pembelajaran konvensional; (c) mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerpen berorientasi nilai moral pada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL dengan peseta didik yang pembelajarannya konvensional; (d) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis cerpen berorientasi nilai moral yang pembelajarannya menggunakan model PBL dan konvensional. Hasil penelitian menulis cerpen berdampak terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil pretest kelas eksperimen rata-rata 56 dan rata-rata nilai posttest h 83 yang menunjukkan kenaikan nilai. Hasil nilai rata-rata prates berpikir kreatif 61, dan nilai rata-rata posttest 80, juga menunjukkan kenaikan. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Cerita Pendek, Nilai Kehidupan, Pembelajaran Menulis, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:21
Last Modified: 20 Oct 2022 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59794

Actions (login required)

View Item View Item