PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMA

AZIS, ZULHA AZHARI, 185050045 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. COVER DEPAN.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang diberikan model Problem-Based Learning lebih baik dari pada siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah pencapaian self-regulated learning siswa SMA yang diberikan model Problem-Based Learning lebih baik dari pada siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman pemecaan masalah matematis dengan Selfregulated Learning siswa SMA yang diberikan model Problem-Based Learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalag metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pre-test post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan Majalaya. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis dan selfregulated learning. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model problem-Based Learning dan kelas XI MIPA 3 seebagai kelas kontrol yang memperoleh model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-regulated learning. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan softwere SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang diberikan model Problem-Based Learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang diberikan model pembelajaran konvensional. (2) pencapaian self-regulated learning siswa SMA yang diberikan model Problem-Based Learning lebih baik dari pada self-regulated learning siswa SMA yang diberikan model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self-regulated learning siswa SMA yang diberikan model Problem-Based Learning dan koefisien korelasi yang di peroleh adalah berkategori rendah. Kata Kunci: model Problem-Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-regulated Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:59
Last Modified: 20 Oct 2022 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59791

Actions (login required)

View Item View Item