PASARIBU, NOVELIA FINENES, 185050030 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan novelia.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (458kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat diperlukan pada pembelajaran abad 21. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kamampuan berpikir kritis siswa adalah kecemasan matematis. Kecemasan matematis adalah kecemasan yang diderita oleh siswa dalam menghadapi pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan meminimalisir kecamasan terutama dalam pembelajaran matematika adalah model Discovery Learning. Penggunaan media video dalam pembelajaran dapat memotivasi dan membantu siswa untuk belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; Mengetahui apakah kecemasan matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; Mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan kecemasan matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Nasional Bandung kelas VII, sampel dipilih dengan teknik sampling purposive. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Kecemasan belajar peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video pembelajaran lebih rendah dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional 3) Terdapat hubungan negatif yang tidak signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan kecemasan matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis matematis, Kecemasan matematis, Model Discovery Learning, video pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 02:44 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 02:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59789 |
Actions (login required)
View Item |