PERLINDUNGAN HUKUM PENGGUNA PRODUK KANGEN WATER AKIBAT PEMASARAN DAN PEMASANGAN IKLAN MENYESATKAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Ario Jomantara Budiman, 171000058 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM PENGGUNA PRODUK KANGEN WATER AKIBAT PEMASARAN DAN PEMASANGAN IKLAN MENYESATKAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 bab 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 bab 2.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
9 bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
10 bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
11 bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
12 dafus.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Iklan pada produk kangen water menyebutkan bahwa produknya yang berupa mesin penyaring merupakan alat kesehatan (medical device) yang dapat menghasilkan air yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Iklan pada brosur produk kangen water tersebut ternyata tidak sesuai dengan sebenarnya. Hal ini jelas bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Berdasarkan uraian tersebut penulis menemukan tiga permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana aturan mengenai perlindungan hukum pengguna produk kangen water akibat pemasaran dan pemasangan iklan menyesatkan dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? 2) Bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum pengguna produk kangen water akibat pemasaran dan pemasangan iklan menyesatkan dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? 3) Bagaimana tanggung jawab produsen produk kangen water akibat pemasaran dan pemasangan iklan menyesatkan dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, dan kemudian dianalisis berdasarkan fakta-fakta berupa data sekunder maupun data primer, dengan dianalisis dengan menggunakan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif, yaitu metode yang memperoleh sumber data sekunder yaitu penelitian yang menekankan pada ilmu hukum (teori-teori, asas-asas, norma-norma, pasal-pasal di dalam undang-undang). Kesimpulan dari penelitian ini adalah aturan mengenai perlindungan hukum pengguna produk kangen water akibat pemasaran dan pemasangan iklan menyesatkan diatur dalam Pasal 9, Pasal 10, Pasal 12, Pasal 13, Pasal 17, dan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Perlindungan hukum pengguna produk kangen water akibat pemasaran dan pemasangan iklan menyesatkan telah diatur secara baik dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Namun, pemerintah dalam hal pengawasan serta penegakan hukum terhadap iklan yang menyesatkan masih kurang. Tanggung jawab pelaku usaha berdasarkan surat dari Kementrian Kesehatan Nomor FK.02.03/3/2318/2017 tersebut, setiap pelaku usaha bertanggung jawab untuk menarik semua brosur produk Kangen Water yang menyebutkan bahwa produk tersebut telah diakui negara, mencantumkan logo Kementerian Kesehatan dan menyebutkan produk tersebut merupakan produk kesehatan yang dapat menyembuhkan penyakit. Namun masih ada pelaku usaha produk Kangen Water yang tetap melakukan iklan dan promosi produk menggunakan brosur yang dianggap menyesatkan tersebut. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Iklan, dan Kangen Water.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:10
Last Modified: 19 Oct 2022 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59784

Actions (login required)

View Item View Item